31 Mei 2017 | Denny - Redaksi | News

Synectics Bangun Pusat Kontrol di Terminal 1 & 2 Bandara Soekarno-Hatta

Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta

Penyedia solusi pengawasan kelas dunia, Synectics, baru-baru ini mendesain sebuah sistem Airport Operational Command & Control Center (AOCC) di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

Sistem pusat kontrol terintegrasi ini dirancang agar seluruh stakeholder, termasuk maskapai untuk mengatur seluruh langkah operasi di kawasan landasan, dan akses lapangan yang berada di wilayah Terminal 1 dan 2.

Synectics menggunakan perangkat lunak Synergy 3 sebagai inti dari pusat kontrol ini, sehingga dapat memfasilitasi perangkat-perangkat seperti alarm kebakaran, sistem kontrol, video CCTV, akses kontrol, alat pemindai x-ray, manajemen gedung dan fasilitas, database operasional bandara dan video analitik

Interface pengguna dan juga sistem alur kerja dari Synergy 3 ini sudah disesuaikan sehingga memenuhi kriteria dari Standard Operating Procedures (SOP) yang dikeluarkan oleh PT Angkasa Pura II (AP II) sejak 2015 lalu. SOP serupa sebelumnya sudah dilakukan di Terminal 3.

Proyek pusat kontrol/AOCC ini menggandeng perusahaan lokal yaitu system integrator Jaya Teknik yang disuplai dari kantor regional Synectic di Singapura untuk menggarap pemesanan barang, hal teknis, hingga layanan purna jualnya.

Synectics sudah dari awal memang ditugaskan untuk membangun sebuah solusi pengawasan terintegrasi, sehingga PT AP II dapat memonitor dan mengatur lebih dari 6.000 perangkat keamanan yang berada di terminal 3.

"Kami sudah bekerjasama dengan Synectics untuk membangun sistem manajemen keamanan di Terminal 3 Bandara Soetta. Jadi tak ada keraguan lagi untuk berkolaborasi lagi dengan mereka untuk membangun sistem AOCC di terminal 1 dan 2," jelas Direktur Jaya Teknik ICT Division, Linda Hadi.

Menurut Linda lagi, Synectics sudah berpengalaman dalam membangun sistem manajemen keamanan bandara agar calon penumpang merasa lebih aman. "Yang paling penting, mereka mengerti bagaimana teknologi dapat mengurangi tekanan terhadap ancaman keamanan," ucapnya.

Sementara itu, Divisional Director-Transport & Infrastructure Synectics, Greg Alcorn mengatakan, pihaknya selalu membangun kepercayaan dan pengertian terhadap para konsumen dalam menjalankan bisnis. "Jadi kami bangga dapat memperpanjang kerja sama kami dengan Jaya Teknik dan Bandara Soekarno-Hatta dalam mengerjakan proyek terbaru ini," tuturnya.   



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar