20 Juni 2017 | Denny - Redaksi | News

Lindungi Rumah Saat Mudik dengan Teknologi Smart Home

Ilustrasi

Mudik menjadi ritual yang sudah biasa bagi umat muslim di Indonesia. Biasanya ketika mudik, rumah ditinggal selama berhari-hari untuk bersilaturahmi dengan sanak keluarga di kampung halaman. Ancaman keamanan pun jadi kekhawatiran tersendiri saat mudik.

Agar hati lebih tenang selama mudik, pemilik rumah pun diharapkan melindungi tempat tinggal dengan melibatkan teknologi canggih seperti smart home. Konsep integrasi beberapa perangkat Internet of Things (IoT) ini bisa dimanfaatkan untuk memantau rumah dari jauh.

Seperti yang dikutip dari Antara, Scheneider Electric mengeluarkan solusi smart home untuk melindungi rumah dari ancaman kejahatan:

1. CCTV

Sistem keamanan yseperti kamera pemantau juga penting untuk dipasang di rumah. CCTV ini dapat memantau rumah Anda selama 24 jam nonstop. Tak hanya itu, teknologi ini juga dapat dimonitor secara langsung melalui gawai sang pemilik rumah.

2. Sensor Okupansi

Sensor ini sangat dibutuhkan ketika penghuni lupa mematikan lampu. Tak jarang hal ini sering kali terjadi, akibatnya pengeluaran listrik akan terus bertambah. Parahnya, hal ini bisa mengakibatkan korsleting yang berdampak pada kebakaran.

3. Lighting Control

Lighting control merupakan bagian dari rangkaian solusi automasi untuk perumahan yang memanfaatkan teknologi dan internet of things dalam menciptakan konektivitas antar-perangkat rumah.

Saat mudik, sudah pasti pemilik rumah ada yang lupa mematikan lampu, dengan Lighting Control pengguna dapat mematikannya dari jarak jauh menggunakan gadget saat berada di mana pun.

Pemilik rumah juga dapat mengatur jadwal otomatis untuk menyalakan atau mematikan lampu sehingga tidak terjadi pemborosan. Alat ini juga dapat mengontrol TV dan AC di rumah.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar