23 Juni 2017 | Denny - Redaksi | News

Adu Pintar Teknologi Perangkat Smart Home

Ilustrasi

Makin berkembangnya pertumbuhan smart home di Indonesia, mendorong para penyedia perangkatnya untuk menyajikan yang terbaik. Selain jumlah pembelian perangkat yang makin banyak, para vendor juga terus berinovasi dengan teknologi baru.

Samsung misalnya, memiliki teknologi rumah pintar melalui konsep SmarThings. “Teknologi SmartThings Samsung saat ini fokus pada masalah konsumsi energi dan keamanan,” terang Corporate Marketing Director Samsung Electonics Indonesia Jo, Semidang, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dengan aplikasi SmartThings App yang ada pada ponsel, pengguna dapat mengatur seluruh perangkat rumah tangga yang terkoneksi dengan jaringan WiFi atau Bluetooth. Dengan begitu konsumen bisa mengawasi dan memastikan keamanan rumah dari mana saja.

Samsung juga memiliki satu set perangkat kontrol rumah yang terdiri dari Starter Kit, Hub, Motion Sensor, Multi Sensor, dan Power Outlet. Sistem kontrol ini dijual seharga 250 dolar AS atau 3,3 juta rupiah dan akan masuk pasar Indonesia tahun ini.

Semidang mengatakan, perangkat kontrol ini akan menyasar pasar properti yang biasanya menawarkan teknologi sebagai nilai tambah bagi produknya. Adanya perangkat rumah pintar kini bahkan menjadi tuntutan konsumen.

“Smarthome menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan pengembang,” ujar dia.‎ Dengan aplikasi SmartThings App, pengguna dapat mengatur seluruh perangkat rumah tangga yang terkoneksi dari ponsel atau jam pintar, sehingga konsumen bisa mengawasi dan memastikan keamanan rumah di manapun mereka berada.

Salah satu contoh fungsi SmartThings Samsung bisa dipakai untuk mematikan lampu atau menyalakan lampu. Konstol ini juga bisa dipakai untuk mengaktifkan vacuum cleaner otomatis yang berkerja dengan dengan pintar dengan bantuan sensor-sensor.‎

Aplikasi SmartThings sebagai pusat pengendali akan bisa dikoneksikan ke dalam hub. Pengguna mendapat notifikasi dari perangkat, juga bisa mengatur perintah otomatis yang dapat diaktifkan kapanpun sesuai dengan pengaturan yang dibuat sebelumnya.

Selain Samsung, Tp-Link merupakan salah satu vendor teknologi yang telah memasarkan bermacam perangkat smarthome seperti kamera, lampu pintar, dan juga soket listrik pintar dengan seri produk Cloud Camera NC450, Smart Wi-Fi LED LB100, dan Wi-Fi Smartplug HS100.

Perangkat yang bisa dikendalikan dari ponsel dengan aplikasi Kasa yang tersedia di Play Store dan Apps Store. Cloud Camera NC450 misalnya, merupakan perangkat IP Camera untuk rumahan dan bisnis yang memiliki banyak keunggulan.

Cloud Camera NC450, bisa memotret hingga 360 derajat agar pemantauan dapat maksimal, kejernihan gambar dan video HD 720p, serta fitur night vision yang memampukan pengguna untuk memantau di dalam gelap. “Ketika kamera menangkap gerakan atau suara tertentu, notifikasi akan segera dikirimkan ke email kita,” ujar Product Development and Marketing Head TP-Link Indonesia, Daniel Thian.

TP-Link Camera NC450 ini telah diintegrasikan dengan penyimpanan micro SD hingga 32GB. Bahkan kamera ini dengan harga 1,2 juta rupiah ini bisa untuk komunikasi dua arah, karena tersemat teknologi 2-way streaming audio.

Selain kamera TP-Link menawarkan lampu pintar Smart Wi-Fi LED LB100. Perangkat dapat yang dikontrol melalui sebuah aplikasi Kasa dari smartphone. Lampu ini memiliki sistem pengaturan tingkat terang cahaya dengan 600 lumen yang bisa bertahan hingga 13,7 tahun, bisa membuat jadwal nyala dan padam sesuai dengan waktu yang ditentukan.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar