30 Juni 2017 | Reza - Redaksi | News

SIA Merilis Panduan eBorder Yang Ideal

Aliansi Keamanan Identitas atau Secure Identity Alliance (SIA) mempublikasikan sebuah dokumen bertajuk ‘Strong Identity, Strong Borders’ baru-baru ini. Dokumen tersebut berisikan panduan implementasi yang baik terkait merancang dan menerapkan strategi pengamanan perbatasan berbasis teknologi atau eBorder yang efektif.

Ketua Dewan Pengurus SIA, Frederic Trojani menjelaskan bahwa dalam dokumen tersebut terdapat pembahasan mendalam terkait manajemen perbatasan yang efisien dan terpadu, memuat segala proses dan komponen yang dibutuhkan dalam mengembangkan strategi eBorder yang ideal di setiap negara.

“Negara-negara di seluruh dunia semakin ingin memanfaatkan sumber daya yang ada dengan sebaik-baiknya, untuk diterapkan di perbatasan fisik dan pos pemeriksaan transit. Sangat dibutuhkan sebuah solusi perbatasan yang mendukung proses berbagi informasi demi mengatasi ancaman lebih awal.”

Lebih jauh dia menambahkan, laporan yang telah dirilis SIA tersebut mengandung berbagai referansi dan studi kasus dari lapangan terkait penerapan sistem perbatasan yang tengah ramai diterapkan di beberapa negara, dalam beberapa waktu belakangan ini. Dia meyakini laporan tersebut dapat memberikan wawasan yang mendalam bagi lembaga-lembaga terkait, demi mewujudkan sistem perbatasan yang berstandar tinggi dan efektif.

“ Banyak hal yang kami bahas. Dari mengintegrasikan penilaian resiko pra-kedatangan, memfasilitasi proses cepat data para wisatawan, teknologi biometrik yang memudahkan kegiatan kontrol imigrasi secara otomatis dan menjamin privasi warga negara. Dan hal-hal lainnya yang bisa merampingkan dan membentengi operasi keamanan di perbatasan.”



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar