02 Juli 2017 | Desy - Redaksi | News

Bohlam Yang Bukan Hanya Menyala

https://www.asmag.com/showpost/22980.aspx?name=news

Bohlam Yang Bukan Hanya Menyala

 

Sejak penemuannya, bohlam modern berfungsi untuk menyinari rumah, jalan, dan perkotaan. Berkat teknologi dan IoT, perusahaan dengan kemampuan integrasi yang tinggi, ditambah sedikit imajinasi, mampu menambahkan fungsi untuk bohlam, membuatnya menjadi lebih bernilai bagi pengguna.

Contohnya adalah bohlam yang diintegrasikan dengan detektor asap, kamera, dan bahkan penangkap nyamuk, semuanya dikembangkan oleh perusahaan asal Prancis, Sino Digit Technology, yang menggunakan merek Bell & Wyson.

“Visi kami adalah untuk menciptakan produk IoT yang dapat digunakan pengguna sehari-hari, dan kami mendapati bohlam adalah pilihan yang baik untuk kami,” kata Fabrice Vossier, CEO Sino Digit, yang didirikan pada 2013. “Sebagai perusahaan startup, kami mendesain bohlam LED yang dapat dilengkapi modul, misalnya kamera dan detektor asap, yang menambah nilai bagi para pengguna.”

Misalnya, bohlam LED Wi-FI dengan detektor asap, yang dirilis perusahaan tersebut pada 2013, adalah perangkat yang bukan hanya menyalakan rumah tapi juga dapat merasakan asap atau api. Alat ini dihubungkan ke Internet melalui Wi-Fi dan dapat langsung mengirimkan peringatan ke perangkat pintar pengguna di mana pun mereka berada. Sementara itu, bohlamnya, dengan 600 Lumens dapat dikendalikan dari ponsel pintar dan aplikasi.

Bahkan kamera pun dapat disematkan ke bohlam untuk alasan keamanan, mampu mendeteksi tamu yang datang ke rumah. Notifikasi juga dapat ditransmisikan ke ponsel pintar pengguna setelah kamera mendeteksi pengunjung atau individu

Bukan itu saja. Bohlam yang lain terintegrasi dengan penangkap nyamuk: sebuah sensor infra merah bawaan yang mendeteksi lalat, memicu lampu UV dan CO2 untuk mengaktifkan agar menarik lalat. “Tepatnya karena alasan inilah alat ini diterima dengan baik di daerah-daerah tertentu di Asia, Afrika Selatan, dan bahkan AS dan Eropa,” kata Vossier. “Beberapa daerah punya musim nyamuk yang lebih panjang, dan mereka mendapati alat ini berguna.”



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar