02 Juli 2017 | Reza - Redaksi | News

Mengupas Sistem Keamanan dan Keselamatan Hotel

Hotel adalah salah satu tempatyang banyak dikunjungi bukan hanya untuk menginap atau beristirahat semata, tapi juga sering digunakan untuk mengadakan berbagai acara seperti rapat mau pun seminar. Karena nya, ancaman keamana n di hotel dianggap cukup riskan. Hotel kerap menjadi tempat kejadian perkara kasus-kasus kriminal dan aksi teror yang senantiasa mengancam jiwa pengunjung.

Sebagai bagian dari dunia hospitality tentunya setiap hotel harus menyediakan rasa aman dan nyaman bagi setiap tamu dan karyawannya. Untuk itu diperlukan sebuah sistem keamanan dan keselamatan yang mumpuni. Hal tersebut juga telah tertuang dalam Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor : PM.106/PW.006/MPEK/2011 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Hotel.

Peraturan tersebut jelas mengharuskan manajemen hotel membentuk sebuah Sistem Manajemen Pengamanan (SMP). Di dalamnya terdapat berbagai maca panduan, mulai dari perencanaan hingga proses penanganan keamanan dan keselamatan agar risiko bagi pengguna hotel dapat diminimalisasi.

“Sistem keamanan yang diterapkan di hotel ini sudah menjadi standar yang biasa digunakan oleh banyak-banyak hotel internasional,” jelas Chief of Security Holiday Inn Jakarta kemayoran, Ricky Sutanto kepada Indo Security System.

Baca artikel selengkapnya di Majalah Indo Security System Vol.6 Edisi Juni-Juli 2017.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar