04 Juli 2017 | Reza - Redaksi | News

Volkswagen Kembangkan Teknologi Komunikasi Antar Kendaraan Untuk Keamanan Lalu Lintas

Era Internet of Things (IoT) kian mempermudah segala aktivitas. Kondisi tersebut memungkinkan, setiap perangkat elektronik untuk berkomunikasi dengan perangkat lainnya secara mandiri. Berkaitan dengan itu, Volkswagen berencana mewujudkan koneksi nirkabel antar mobil untuk keamanan berlalu lintas.
 
Jika berjalan lancar, grup raksasa asal Jerman ini, sedang mengembangkan konektivitas pWLAN untuk ditanamkan ke dalam kendaraan produksi mereka mulai 2019. Head of Vehicle Body Development, Johannes Neft menjelaskan, selain sebagai alat komunikasi antar-kendaraan, teknologi ini mampu berfungsi sebagai pendeteksi bahaya di sekeliling mobil saat sedang berkendara. Seperti deteksi mobil lain yang mengerem mendadak, atau jalanan licin. Informasi-informasi semacam ini, langsung dapat dibagikan dengan kendaraan di sekitar dan sarana transportasi lainnya. Sehingga, dapat memberikan kewaspadaan pengguna jalan lain dan dapat bereaksi agar tidak terjadi insiden yang membahayakan.
 
Selain itu dia menambahkan, koneksi terjalin tidak hanya menghubungkan antar-kendaraan yang berada dalam satu area. Melainkan juga termasuk instansi penting terkait dan pelayanan saat dalam keadaan darurat. Melalui teknologi pWLAN, pengguna jalan lain di sekitar pemberi informasi, dapat menerima sinyal darurat dari jarak atau arah tertentu, jauh sebelum pemberi sinyal terdengar ataupun terlihat. Sehingga sangat membantu bila terjadi keadaan darurat di daerah yang sepi jauh dari keramaian.
 
“Kami ingin meningkatkan keamanan dan keselamatan berkendara dengan menambahkan jaringan komunikasi di kendaraan, dan jalan paling efisien untuk mencapainya dengan memanfaatkan teknologi yang sudah umum. Yang terpenting, teknologi ini digunakan secara konsisten, tidak hanya dari para pabrikan tapi juga suplier,” jelasnya.


Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar