13 Juli 2017 | Denny - Redaksi | News

BKN Pakai Produk HID Global untuk Kartu PNS Elektronik

BKN Pakai HID Global untuk cetak KPE

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menghadirkan solusi kartu pintar untuk memodernisasi sistem penggajian bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang masih aktif maupun pensiun. Solusi ini menggunakan FARGO HDP5000 dari HID Global untuk mencetak kartu pintar bernama Kartu PNS Elektronik (KPE).

Menurut Kepala Sistem Informasi BKN, Bajoe Loedi Hargono, sistem kartu pintar ini akan meminimalisir pembiayaan dan lebih efektif untuk menggaji para PNS. Untuk itu, diperlukan solusi berupa printer kartu pintar yang dapat menggantikan sistem lama.

"Kami memutuskan untuk memakai printer kartu pintar sekaligus encoder HID Global FARGO HDP5000 karena merasa solusi ini adalah yang paling cocok dengan sistem pemerintahan dan perwakilan HID Global juga menawarkan sistem back up," ujarnya baru-baru ini.

Proyek ini pun membawa beberapa keuntungan bagi pemerintah Indonesia. Printer HDP5000 telah memangkas biaya pengembangan sistem informasi. BKN pun dapat memproduksi kartu KPE kepada seluruh PNS. Pengadaan printernya juga lebih sederhana.

Karena pengoperasian printer sangat mudah, BKN tidak perlu banyak menghabiskan waktu melatih stafnya. "Printer HID ini sangat mudah digunakan, hampir tidak berbeda dengan mencetak dokumen biasa. Kita bisa mengkodekan dan mencetak kartu kita dengan mudah," ungkap Hargono.

Kemudian, HDP5000 mampu mencetak hingga 102 kartu per jam tergantung dari kualitas pencetakannya. Menurut Hargono, saat ini sekira 85% PNS aktif dan 65% pensiunan sudah menggunakan kartu KPE yang baru dan menikmati keuntungan mereka.

"Masing-masing departemen membebankan banyak layanan ke kartu ini, seperti asuransi kesehatan, gaji dan pensiun. Kartu ini haruslah terbaca, untungnya dengan menggunakan printer HDP5000 kami tidak memiliki masalah dengan kartu yang rusak, kecuali kasus ekstrim. Gambar pada kartu itu terbukti sangat berkualitas dan tahan lama, dan kami sangat senang dengan hasilnya," pungkas Hargono.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar