27 Juli 2017 | Denny - Redaksi | News

Huawei: Smart City Bisa Lebih Mulus dengan Teknologi 5G

Jakarta Smart City command center

Konsep Smart City yang sedang berjalan di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung dan Makassar ternyata masih bisa dikembangkan lagi. Untuk membantu konektivitasnya, pemerintah daerah yang memiliki program smart city bisa memanfaatkan standar telekomunikasi generasi kelima atau biasa disebut 5G.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Strategi dan Marketing TIK Huawei Indonesia, Mohamad Rosidi. Menurutnya lagi, saat ini teknologi 5G lebih diprioritaskan untuk dipakai oleh pemerintah, seperti untuk pelayanan dan keamanan bagi masyarakat.

Untuk pelayananan keamanan dan keselamatan tersebut, Rosidi menjelaskan bahwa enerapan teknologi 5G bisa dimanfaatkan untuk panic button untuk bencana, efektivitas di gedung dengan mengatur pemakaian daya lampu agar hemat biaya.

Teknologi 5G untuk keamanan, bisa dipakai kamera live yang terintegrasi. Hal ini berguna untuk merekam keadaan khusus maupun darurat, misalnya kejadian ledakan bom, penegak hukum bisa langsung melihat rekaman CCTV.

Selain itu, Rosidi mengatakan, teknologi 5G bisa dimanfaatkan untuk lalu lintas. Dengan Intelligent Traffic Light, maka saat lalu lintas sangat macet, bisa dilakukan penyesuaian lampu lalu lintas. “Sensor melihat volume, lalu lampu hijau dipercepat," ucapnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar