07 Agustus 2017 | Denny - Redaksi | News

UGM-TNI Sepakat Kembangkan Sistem Radar Keamanan Wilayah

KSAU dan Rektor UGM tandatangani kerja sama di bidang radar

Nota kesepakatan kerja sama terjadi antara Universitas Gadjah Mada (UGM) dan TNI Angkatan Udara (AU) untuk mengembangkan sistem radar. Kerja sama ini adalah lanjutan dari komitmen UGM untuk membantu dalam pembuatan radar yang mengawasi keamanan wilayah strategis Indonesia.

Rektor UGM Prof Panut Mulyono mengatakan kerjasama dengan TNI AU dimaksudkan untuk membantu memperkuat alutsista Indonesia khususnya dalam bidang sistem radar. Menurut dia, dengan keterlibatan UGM maka semakin terwujud nyata kemerdekaan dalam bidang teknologi karena pertahanan negara dibuat sendiri oleh anak-anak negeri.

"Kami punya ahli radar dan di pihak TNI juga ingin mengembangkan sistem radar yang dimiliki. Tentu kami menyambut baik kesempatan ini. Diharapkan kami dapat melakukan riset dan produksi sehingga negara tak perlu mengandalkan teknologi dari luar negeri," terangnya.

Sementara itu KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan kerjasama dengan UGM dimaksudkan untuk mendorong pembuatan 12 radar yang akan ditempatkan di wilayah-wilayah strategis Indonesia. Menurut dia, saat ini TNI baru memiliki total 22 radar yang dinilai masih kurang dari jumlah ideal yakni 32.

"Setiap hari saya masih deg-degan karena jumlah radar kita masih kurang. Setelah kerjasama ini diharapkan kita bisa dorong pembuatan radar produksi dalam negeri dan teknologi radar kita semakin maju," ucap KSAU.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar