09 Agustus 2017 | Denny - Redaksi | News

Pembangunan Gresik Command Center Harus Segera Terealisasi

Ilustrasi

Kota Gresik terus mempersiapkan diri menuju Kota Smart City. Untuk itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Gresik harus bekerja cepat demi realisasi smart city tahun 2021 dengan membangun command center.

Pembangunan pusat kendali tersebut untuk menangani situasi darurat dan laporan masyarakat Gresik. Letak Command Centre nantinya berada di Kantor Bupati Gresik. “Masyarakat bisa melaporkan situasi yang terjadi disekitarnya. Misalnya kebakaran, banjir, pohon tumbang, Penerangan Jalan Umum (PJU) rusak, hingga anak hilang, dan kami akan menangani secara cepat,” ujar Kepala Diskominfo Kabupaten Gresik Budi Raharjo.

Command center tersebut nantinya dilengkapi layar pantau ukuran besar untuk memonitor situasi kota. Sedangkan kamera CCTV akan terpantau dari beberapa monitor yang lebih kecil. "Penempatan CCTV tersebut atas usulan Polres Gresik, ini di tahap awal pemasangannya," lanjut Budi.

Sementara untuk penempatan CCTV juga akan ada di rumah ketua parpol dan Ketua DPRD. “Selanjutnya CCTV akan kami pasang dibanyak tempat dan terintegrasi dengan monitor di ruangan Cammand Centre” ungkapnya.

Budi menjelaskan, pembangunan command center ini merupakan rangkaian program menuju smart city yang telah dimulai sejak tahun 2004 lalu. Pada 2004 Gresik membangun website, tahun 2011 Bupati menerbitkan Perbup 52/2011 tentang Masterplan IT, 2012 Pemkab Gresik membangun Jaringan Fiber Optik (FO).



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar