30 Agustus 2017 | Denny - Redaksi | News

Mataram Command Center Sudah Siap Dioperasikan

Ilustrasi

Konsep Smart City yang diterapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram mulai menunjukkan hasil. Salah satunya adalah kehadiran Smart City Command Center yang sekiranya diluncurkan pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Mataram, Kamis 31 Agustus 2017 besok.

Sekda Kota Mataram, H. Effendi Eko Saswito, mengatakan fasilitas Smart City Command Center tersebut sudah siap dioperasikan. Pihaknya sudah mencoba kemudahan, kecepatan, dan respons laporan yang masuk dari warga melalui aplikasi.

Dia menjelaskan, aplikasi Smart Center ini memiliki pemantauan progres laporan yang masuk. Jika tidak tertangani, maka warnanya tidak akan berubah dari warna merah. Tetapi setelah ada penanganan dan selesai, maka item laporan warga akan berubah warna menjadi hijau.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram HL Junaidi menjanjikan akan ada pemasangan lima CCTV lagi. Lima kamera itu akan ditaruh di lima titik. Hasil pantauannya akan ditampilkan secara real time melalui empat layar LCD besar di ruang Smart City Command Center.

“Jadi semua bisa kita pantau, kondisi kemacetan, sampah, dan laporan masyarakat melalui empat layar ini,” kata Junaidi. Kelima CCTV sudah terpasang di lima titik. Antara lain di Karang Baru untuk pengawasan depo sampah, Karang Medain untuk pantau kemacetan dan sampah pinggir sungai, serta di Lawata untuk memantau depo sampah dekat Lapangan Atletik. “Sedangkan di depan SMPN 1, SMPN 2, dan di simpang empat Gede Ngurah, semua untuk pantau kemacetan,” ucapnya.

Khusus untuk CCTV dan sistem koneksinya, Pemkot Mataram merogoh kocek Rp 135 juta. Jika pengawasan ini berhasil, maka ada rencana peningkatan jumlah CCTV. Nantinya, perangkat-perangkat ini bisa menjadi ‘mata-mata’ untuk mengawasi empat persoalan besar kota.

Sedangkan untuk semua fasilitas yang ada di dalam ruangan Smart City Command Center, dihibahkan oleh PT Tower Bersama. Kesamaan visi antara Pemkot dengan perusahaan itu membuat mereka bersedia membuat pilot project bagi pemerintah kota.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar