24 Oktober 2017 | Reza - Redaksi | News

Sistem Penanggulangan Kebakaran Gedung-gedung di Klaten Belum Layak

Kepala Seksi Pemadam Kebakaran (Kasi Damkar) Satpol PP Klaten, Marmi mengeluhkan kondisi sistem penanggulangan kebakaran yang dimiliki gedung-gedung di Klaten. Kondisi ini kerap menyulitkan para petugas Damkar dalam menjalankan tugasnya karena harus berjibaku sembari berpacu dengan waktu.

Dia menuturkan, fakta di lapangan menunjukan bahwa banyaknya hidran dan perangkat penanggulangan kebakaran gedung yang tak berfungsi dengan baik. Ditegaskannya pula bahwa sistem penanggulangan kebakaran merupakan kebutuhan utamka sebuah gedung agar dapat mencegah dan meluasnya kebakaran saat bencana itu terjadi.

Karenanya, dia meminta kepada para pemilik dan pengelola gedung di penjuru Klaten untuk berbenah diri dengan menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam sebuah sistem penanggulangan kebakaran yang ideal. "Oleh karena itu, ketika lokasi tidak ada hidran aktif maka yang dimanfaatkan sumber air yang ada," keluhnya.

Meski kondisinya demikian, namun Marmi tetap mengapresiasi beberapa kalangan yang masih menaruh perhatian tentang ancaman kebakaran. Menurutnya, banyak juga beberapa perusahaan yang meminta pelatihan pemadaman api dengan memanfaatkan alat pemadam api ringan (APAR).Hal ini menunjukan bahwa masih ada pihak yang menyadari perlunya sistem dan peralatan penanggulangan kebakaran sebagai kewajiban yang harus dipenuhi perusahaan. "Sehingga harus diimbangi dengan kemampuan penggunaannya. Maka pelatihan terus dilakukan, setidaknya hal ini bisa mengurangi risiko bencana kebakaran."



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar