07 November 2017 | Denny - Redaksi | News

Selesai Direstorasi, Gedung DPRD Ngawi Dilengkapi Alat Keamanan Canggih

Gedung DPRD Kabupaten Ngawi

Gedung DPRD Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, baru saja selesai direstorasi. Tak hanya jadi lebih modern, pembangunan gedung yang menelan dana Rp 27 miliar ini juga dilengkapi oleh perangkat keamanan canggih. Hal ini tentu membuat para anggota dewan makin betah berada di kantor.

Menurut Kasi Teknik Tata Bangunan dan Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Ngawi Jarot Kusumo Yudo, fasilitas di bangunan yang terdiri dari empat lantai tersebut adalah lift buatan Korea Selatan yang dilengkapi pembersih udara, CCTV, alat anti serangga dan virus, serta pembangkit energi cadangan.

Dia menjelaskan CCTV yang terpasang di gedung DPRD Ngawi ada di setiap lantai. Lantai satu untuk area parkir terdapat lima CCTV IP beresolusi tinggi. Kamera tersebut dipasang di titik tertentu untuk mengamati kondisi ground floor. Tamu yang keluar dan masuk area gedung. Kamera tersebut mampu membaca objek kecil, bahkan nomor polisi (nopol) kendaraan yang melintas saat malam hari ke parkiran dapat terbaca dari kamera itu.

Sedangkan CCTV yang ada lantai dua hingga empat diletakkan di dua sisi depan tangga naik untuk mengamati kondisi tiap lantai. "Semua CCTV itu dipasang untuk kepentingan keamanan," kata Jarot.

Di tiap ruangan juga terdapat alat pemadam kebakaran berupa alat pemadam api ringan (APAR). Melihat ke bagian plafon terdapat sistem public address (PA) yang dapat digunakan untuk mengaktifkan musik ataupun pengumuman yang dikontrol di ruang operator.

Terdapat juga alat pendeteksi asap serta ceiling plate sprinkle yang langsung menyemprotkan air jika terdeteksi asap yang berpotensi menimbulkan kebakaran. Ditandai dengan berbunyinya alarm. "APAR dan alat pendeteksi asap wajib terpasang, keduanya sudah berfungsi juga," ucapnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar