16 Desember 2017 | Reza - Redaksi | News

Kuala Lumpur Bersiap Menjadi Safe City

Malaysia menginisiasi konsep kota aman. Langkah tersebut diwujudkan melalui penandatangan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Safe City Sdn Bhd, Balai Kota Kuala Lumpur dan Yayasan Wilayah Persekutuan.

Penandatanganan MoU tersebut disaksikan oleh Menteri Wilayah Federal Datuk Seri Tengku Adnan Tengku Mansor, Walikota Tan Sri Mhd Amin Nordin Abdul Aziz dan kepala polisi kota Datuk Mazlan Latim.

Proyek ini akan menggabungkan manajemen terpadu dan sistem komando darurat. Sistem teknologi digital mutakhir ini akan mencakup 10 pusat komando yang akan memainkan peran jaringan, mengumpulkan informasi, menyalurkan informasi, berkomunikasi dan memantau. Untuk itu akan disediakan 40 ribu kamera pengawas berdefinisi tinggi (CCTV HD) yang bakal terpasangkan di sudut jalan-jalan utama.

Adapun pusat komando tersebut antara lain Pusat Kontrol Kuala Lumpur, Pusat Komando Pemerintahan Putrajaya, Pusat Komando dan Kontrol Polisi Bukit Aman dan Markas Kepolisian Kota serta enam lokasi lainnya yang tersebar di wilayah Putrajaya.

Dijelaskan bahwa pengerjaan proyek ini dilakukan secara bertahap, karena diperlukannya infrastruktur yang memadai untuk mengakomodasi jaringan berdaya tinggi. "Ada kebutuhan meng-upgrade sistem yang ada ke jaringan yang lebih tinggi sebelum ada pengintegrasian. Kami akan memiliki jaringan fiber berkecepatan tinggi yang berdedikasi untuk memastikan konektivitas yang mantap, terutama untuk badan dan badan pemerintah," tutur Direktur Pengelola Safe City, Teoh Chee Leong.

Sementara itu, Kepala Eksekutif Yayasan Wilayah Persekutuan Datuk Roslan Hassan menyatakan bahwa inisiatif dan kolaborasi ini akan memberikan keamanan yang lebih baik bagi masyarakat. "Hari ini, sayangnya, kapan pun kejahatan terjadi, akan ada beberapa penundaan dalam menyebarkan informasi. Dengan Safe City, semoga informasi itu disampaikan tanpa hambatan dan pelaku bisa segera diadili dengan cepat, " harapnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar