18 Desember 2017 | Denny - Redaksi | News

Sering Tinggalkan Anak? Google Sediakan Pengawasan Anak Jarak Jauh

Google

Google baru-baru ini telah mematenkan layanan pengasuhan jarak jauh. Layanan ini dirancang untuk memberi ketenangan pada orangtua yang kerap khawatir dengan anak mereka saat ditinggalkan sendirian di rumah.

Perusahaan teknologi informasi asal Amerika Serikat itu telah merinci serangkaian "perangkat dan metode" untuk melindungi anak-anak yang tidak dijaga di rumah dalam sebuah paten.

Dalam paten tersebut, terungkap bagaimana sistem pengawasan akan menggunakan kamera keamanan rumah, detektor gerak atau sensor sentuh, untuk mengetahui apakah bayi telah ditinggalkan tanpa pengawasan selama lebih dari 10 menit dan kemudian mengirim teks atau email kepada orang tua.

Sistem ini juga bisa mematikan colokan listrik jika anak mendekatinya atau mengaktifkan kunci pintu digital untuk mencegahnya keluar dari ruangan. Sistem ini dirancang untuk menjadi solusi saat anak-anak kecil ditinggalkan tanpa pengawasan, karena keadaan darurat atau kecelakaan.

Sistem ini akan menjadi pelengkap dari perangkat "rumah pintar" yang tengah tren dalam beberapa tahun terakhir, seperti kamera yang terhubung dengan internet, bel pintu dan sensor gerak, serta soket listrik yang dapat dikendalikan oleh smartphone.

Hingga saat ini, tidak jelas apakah Google berencana membuat teknologinya tersedia untuk umum. "Kami memegang paten atas berbagai gagasan. Beberapa gagasan tersebut kemudian menjadi produk atau layanan nyata, beberapa tidak," ujar seorang juru bicara Google.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar