29 Desember 2017 | Reza - Redaksi | News

Kemenkumham Segera Mengoperasikan Penjara Super Ketat

Kondisi Sel Penjara

Tak lama lagi Indonesia akan memiliki penjara dengan tingkat keamanan tertinggi. Hal itu akan direalisasikan oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dengan mengoperasikan dua penjara berkelas super maximum security di Nusakambangan Cilacap. Nantinya penjara ini diperuntukan bagi bandar narkoba aktif dan teroris dengan tingkat ideologi radikal yang mengkhawatirkan.

Kemenkumham mengklaim bahwa penjara ini nyaris tak memiliki celah bagi tahanan untuk meloloskan diri. Di penjara super ketat ini, satu sel hanya akan ditempat satu narapidana (napi). Penghuni sel akan diisolasi total, hanya boleh keluar satu jam per hari. Jangan membayangkan mereka dapat mencungkil tembok sel untuk kabur karena dinding beton dibuat sangat tebal dan kedap suara.

Di penjara berkeamanan maksimal ini, kontak antarnapi sangat dibatasi. Tidak hanya itu, mereka juga akan sangat minimal melakukan kontak dengan penjaga penjara atau sipir. Selain itu terdapat juga kamera pengawas (CCTV) yang dapat memantau gerak-gerik setiap napi, penjagaan berlapis juga membuat penjara ini secara teknis tak dapat ditembus.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pemasyarakatan (PAS) Kemenkumham Ma’mun mengatakan, mereka akan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk pengamanan di penjara superketat ini. “Tidak akan memanjakan narapidana.Baik dari organisasi, SDM, maupun sarana-prasarana. Sekitar 300 petugas Lapas Nusakambangan, Cilacap, dan Purwokerto telah diuji untuk ditempatkan di lapas tersebut,” ujarnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar