19 Januari 2018 | Reza - Redaksi | News

Indonesia Masuk 5 Besar Paspor Terkuat Se-Asean

Setiap tahunnya, Henley & Pertners, perusahaan penasihat kewarganegaraan kelas global melakukan survey mengenai peringkat paspor-paspor terkuat dari berbagai belahan dunia. Peringkat ini didasrkan pada jumlah negara pemberi fasilitas kemudahan visa, baik fasilitas bebas visa, visa saat kedatangan (visa-on arrival), maupun visa elektronik (e-Visa).Ada yang menarik di dalam Daftar Paspor Terkuat yang dirilis oleh perusahaan asal Jersey Amerika Serikat pada tahun ini.

Jika pada rilis di versi tahun sebelumnya, peringkat paspor Filipina selalu berada di atas Indonesia, menempatkan Indonesia sebagai negara ASEAN dengan paspor terkuat ke-6 dalam beberapa tahun terakhir secara berturut-turut. Kali ini, Filipina dan Indonesia duduk di peringkat ke-5 untuk panggung ASEAN. Bisa dibilang, ada perbaikan untuk paspor Indonesia apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, di mana Indonesia tercatat hanya mendapatkan skor 57, terdapat ada kenaikan sebesar 6 poin yang diraih Indonesia.

Adapun negara dengan paspor terkuat berdasarkan Henley & Partners adalah Jerman dengan total skor 177, disusul oleh Singapura dengan total skor 176. Singapura didaulat negara dengan paspor terkuat di kawasan Asia Pasifik.Dalam daftar terkini, Indonesia duduk di peringkat ke-72, bersamaan dengan negara Filipina, Azerbaijan, Kuba, dan Tanjung Verde, dengan total skor 63.

Sekadar catatan pada tahun 2017, Indonesia mendapatkan fasilitas bebas visa dari beberapa negara, seperti Belarusia, Qatar, Mali, serta Serbia. Sedangkan fasilitas visa saat kedatangan diberikan oleh Ukraina, Gabon, dan Mauritius . Sementara Indonesia memberikan bebas visa kepada 169 Negara. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2016 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo 02 Maret lalu 169 negara membebaskan dari kewajiban memiliki visa untuk tujuan kunjungan ke Indonesia.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar