10 Februari 2018 | Reza - Redaksi | News

Rutan Karimun Andalkan X-Ray Untuk Menekan Peredaran Narkoba

Peredaran Narkoba di Indonesia terus meningkat, bahkan di dalam Rumah Tahanan (Rutan) sekalipun. Pihak-pihak terkait terus gencar melakukan segala upaya untuk menekan angka peredaran narkoba, begitu juga dengan Rutan kelas II Tanjungbalai Karimun yang baru-baru ini menambah pengamanan dengan memasang perangkat X-Ray untuk memeriksa barang bawaan pengunjung.

Mesin tersebut telah dilakukan uji coba sejak awal Desember 2017 lalu, dan saat ini masih dalam tahap pengoptimalan kerja mesin. Kepala Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun Eri Erawan mengatakan, pengadaan mesin X-Ray bertujuan untuk mempersempit ruang masuk narkoba ke dalam lingkungan rutan karimun atau juga benda terlarang lainnya.

“Upaya penyelundupan sudah terjadi beberapa kali, berdasarkan itu kita ajukan ke pusat untuk pengadaannya dan disetujui oleh pusat. Dari pengamatan kita, alat ini dapat mendeteksi logam dan narkoba, namun sedang kita lihat seberapa jauh pendeteksiannya," ujar Eri.

Pembesuk yang datang berkunjung ke Rutan Karimun harus meletakkan barang bawaan mereka ke mesin dan mengambil barang tersebut setelah selesai petugas melakukan pemeriksaan. Namun demikian, tetap dilakukan pemeriksaan terhadap pengunjung maupun barang bawaan yang masuk ke Rutan Karimun, kemudian akan dilanjutkan dengan pemeriksaan manual di ruang pemeriksaan.

sementara itu, Kepala Penjagaan Rutan Karimun Dudi Anggriyono mengatakan, mesin x ray tersebut masih terkendala dengan internet karena software harus terus diupdate untuk dapat menscan barang-barang seperti narkoba. "Kendalanya hanya internet, karena ada beberapa software harus terus diupdate agar scan lebih akurat," ungkap Dudi.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar