Share

Ripper Group, salah satu organisasi yang konsen pada masalah keselamatan wisata pantai tengah merancang sebuah sistem pengawasan dan penyelamatan bagi para peselancar dari serangan hiu. Sistem ini nantinya akan mengandalkan sebuah drone berkemampuan mendeteksi hiu, hewan pemangsa yang berpotensi membahayakan keselamatan para peselancar.

Berjuluk Shark Potter, drone ini akan menjadi asisten penjaga pantai ideal yang aktif mengawasi perairan, khususnya dari ancaman hiu. Untuk itu tim pengembang menggunakan GPU dari Nvidia yang dapat membedakan bentuk hiu, peselancar, batu, kapal, dan sebagainya.

Sebelum dilepas, drone harus dilatih untuk membedakan objek secara mandiri. Ripper Group menggunakan video di Youtube sebagai referensi latihan drone. Sistem secara real-time merekam video sambil menganalisa setiap objek yang terekam. Apabila terdeteksi hiu, drone yang dilengkapi speaker tersebut akan memberikan suara peringatan kepada orang di dekatnya untuk segera ke darat. Selain itu, Shark Spotter dapat melemparkan cairan yang tidak disukai hiu sehingga menjauhi mangsa.

Sekadar informasi, International Shark Attack Files mencatat, terdapat kurang dari 500 serangan fatal dari 3.000 serangan hiu sejak 1958. Bahkan ada anggapan bahwa mati diterkam hiu sama langkanya dengan tewas akibat jatuh dari tempat tidur. Terlepas dari itu, Shark Spotter setidaknya akan membuat pengunjung pantai lebih merasa aman karena adanya tindakan preventif.

Related Articles

News Card image cap
  sukron  18 May 2016
 18 May 2016
News Card image cap
  sukron  30 March 2016
 30 March 2016
CCTV Card image cap
  denny  14 August 2018
 14 August 2018
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.