15 Februari 2018 | Denny - Redaksi | News

Ungkap Identitas Pelaku Kriminal, Polisi Inggris Pakai Alat Biometrik

Sistem identifikasi sidik jari

Kepolisian Kota Yorkshire, Inggris, kini membekali diri dengan sistem identifikasi sidik jari revolusioner yang berfungsi untuk mengonfirmasi identitas terduga pelaku kejahatan. Sistem biometrik itu mampu bekerja dalam hitungan menit di lokasi kejadian suatu perkara secara langsung.

Sistem ini terdiri dari perangkat Layanan Gateway Biometrik kecil yang disambungkan dengan smartphone. Sistem ini terkoneksi secara online dengan basis data kepolisian dan departemen imigrasi. Dengan demikian tidak ada satupun informasi dari basis data yang tersimpan dalam memori smartphone.

Sistem identifikasi sidik jari itu sekarang masih diuji cobakan dan segera dipakai dalam beberapa pekan ke depan. Akan ada 20 kesatuan Kantor kepolisian Yorkshire yang menggunakan sistem ini di akhir tahun nanti.

“Untuk kali pertama kami dapat mengidentifikasi seseorang di jalan hanya dengan sidik jari mereka, dan langsung terkoneksi dengan basis data. Kami dapat mengetahui data diri lengkap individu seperti foto dan catatan kepolisian hingga tingkat nasional, yang akan memberi kami identifikasi menyeluruh. Begitu kami memindai sidik jari kami akan mengetahui identitas lengkap dalam waktu kurang dari semenit,” kata Chief Inspector Ian William.

“Dari perspektif operasional, alat ini sangat cepat memandu langkah investigatif sehingga kejahatan serius seringkali segera terungkap, termasuk korban yang tidak memiliki identitas,” ujar Ian menambahkan.

Kementerian Kepolisian dan Pemadam kebakaran, Nick Hurd mengatakan, “sangat jelas bahwa penggunaan teknologi ini meningkatkan kinerja kepolisian sehingga kesatuan utama dapat fokus melakukan patroli dan petugas menengah dapat meluangkan waktu satu jam lebih awal untuk bekerja di garis depan.”



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar