20 Februari 2018 | Desy - Redaksi | News

Panasonic dan Trend Micro Kembangkan Solusi Keamanan Siber untuk Mobil yang Terhubung

Panasonic Corporation dan Trend Micro Incorporated mengumumkan kemitraan untuk bersama-sama mengembangkan solusi keamanan siber untuk mendeteksi dan mencegah serangan siber terhadap mobil otonom dan mobil yang terhubung.

Kemitraan ini bertujuan untuk mencapai keamanan tinggi untuk mobil otonom dan yang terhubung dengan mengembangkan sebuah solusi yang mendeteksi dan mencegah intrusi ke dalam Electronic Control Units (ECUs) yang mengontrol penyetiran kendaraan, seperti akselerasi, kemudi, dan pengereman, begitu juga dengan perangkat In-Vehicle Infotainment (IVI), termasuk sistem navigasi otomatif dan perangkat telematik.

Risiko peretas mengontol sistem kemudi dan rem dalam mobil yang terhubung sangatlah nyata. Kerentanan keamanan baru terus bermunculan setiap hari dan berisiko untuk dieksploitasi dari jarak jauh. Karena itulah sangat penting untuk tidak hanya mengimplementasikan tindakan-tindakan keamanan dalam setiap kendaraan tapi juga untuk menganalisis serangan-serangan baru dengan terus-menerus memonitor sistem In-Vehicle dari Cloud dan menggunakan hasilnya untuk mengimplementasikan tindakan penanggulangan terhadap serangan siber ke semua kendaraan.

Kemitraan ini akan mempengaruhi teknologi pencegah dan deteksi intrusi Control Area Network (CAN) Panasonic dan Trend Micro IoT Security. Teknologi Panasonic akan bisa mendeteksi perintah tak sah yang dikirim ke ECU yang mengontrol operasi pengemudian, sementara Trend Micro IoT Security, yang menggunakan keahlian dan inteligensia keamanan global Trend Mucro seperti analisis malware akan diimplementasikan ke perangkat IVI, seperti sistem navigasi otomotif untuk mendeteksi serangan yang ingin mengeksploitasi kerentanan dari Internet. Melalui kemitraan ini, kejadian-kejadian yang diidentifikasi oleh kedua teknologi ini akan dikumpulkan dan dikirim ke sebuah platform analisis di Cloud untuk mendeteksi dan menghalangi lalu lintas yang mencurigakan.

Panasonic dan Trend Micro akan bekerja sama dalam mengembangkan solusi ini dan berencana meluncurkannya secara komersial setelah tahun 2020 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar