27 Februari 2018 | Reza - Redaksi | News

Teknologi Ini Memungkinkan Penataan Lalin Dengan IoT

Kurang tertatanya arus lalu lintas di sejumlah jalan layang atau fly over membyat Rizaldi Eko Prasetyo, Adenan Khamin dan Masrizal Eka Yulianto berinovasi menciptakan Fly Over Pinter (FLOTER). Teknologi ini menawarkan kecanggihan Internet of Things untuk menata arus lalu lintas di jalan layang.

Selaku manager tim, RIzaldi menjelaskan bahwa teknologi yang berbasis IoT ini memiliki cara kerja yang bisa dikontrol dan dipantau dimana saja. Dia menambahkan, jika penerapan teknologi ini, tidak lain sebagai gerakannya dalam mendukung Sidoarjo Smart City, yang sudah dicanangkan dari tahun 2014 silam. “Fokus kami untuk kemajuan Sidoarjo Smart City” ujarnya.

Sedangkan Kepala tim perancangan, Adenan menjelaskan cara kerja teknologi ini. Dia menuturkan, jika ada dua kendaraan roda empat dari arah berlawanan, sebut saja A dan B permisalannya, kendaraan B mampu tertangkap sensor lebih dahulu. Maka palang FLOTER yang ada di kendaraan A (arah berlawan) akan menutup secara otomatis. “Sensor ini mampu menangkap sinyal jarak kendaraan hingga 2 sampai 3 meter dari titik palang FLOTER.”

Sementara itu, Kepala tim pemrograman Masrizal mengungkapkan bahwa pihaknya menggunakan dua teknologi arduino, yakni arduino mega dan arduino IDE. Dia menambahkan, jika penggunaan rumus logika matematika juga dibutuhkan dalam pemrogrammanya untuk menghitung daya tangkap sensor (per sekian detiknya) yang berpengaruh pada kapasitas fly over. “Pada perhitungan prototype ini, kami menggunakan waktu per 10 detik untuk cara kerja sensor. Namun, waktu tersebut bisa saja berubah tergantung tingkat keramaian fly over."



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar