16 Maret 2018 | Denny - Redaksi | News

BEA Gelar Workshop Efisiensi Energi Bagi Pengelola Gedung

Workshop efisiensi energi pada bangunan gedung

Dalam rangka mendorong pelaksanaan konservasi energi serta memberikan penghargaan kepada pengguna energi yang telah berhasil mengimplementasikan upaya-upaya konservasi energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Building Engineers Association (BEA) akan menyelenggarakan Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi tahun 2018.

Agar para anggota BEA dapat memenuhi syarat dan kriteria penghargaan tersebut, BEA mengadakan acara bertema  “Workshop Best Practice Efisiensi Energi pada Bangungan Gedung”. Acara yang berlangsung pada Kamis, 15 Maret 2018 di Hotel Aviary Bintaro, Tangerang Selatan, dibuka oleh Ketua Umum BEA, Mardi Utomo, dan Direktur Konservasi Energi dari Kementrian ESDM, Ir. Sugeng Mujiyanto, M.Sc,. M.Env.Eng.Sc.

Pada awal acara, berbagai macam pemaparan mengenai kebijakan dan konservasi energi serta kriteria penilaian Penghargaan Subroto disosialisasikan oleh Kasubdit Bimbingan Teknis & Kerjasama Konservasi Energi KESDM kepada tamu undangan dan anggota BEA.

Mardi Utomo mengatakan, workshop ini diadakan agar anggota BEA bisa mempersiapkan diri dalam mengikuti Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi tahun 2018. “Kami mengapresiasi minat anggota BEA untuk mengikuti penghargaan ini, bahkan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Untuk Penghargaan tahun ini, kami siap mendampingi anggota dengan memberikan bimbingan dan pelatihan lebih lanjut,” katanya di sela-sela acara.

Dia melanjutkan, Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi tahun 2018 adalah bentuk apresiasi pemerintah bagi para kepala teknik tersertifikasi yang telah berhasil melakukan langkah-langkah efisiensi dan konservasi energi di gedung yang mereka kelola.

Sementara itu, Sugeng Mujianto mengungkapkan bahwa penghargaan ini digelar agar para pengelola gedung berinisiatif melakukan langkah efisiensi dan konservasi energi dengan baik dan benar. “Penghargaan ini diadakan setiap tahun dan baru dua tahun ini memakai nama Subroto sebagai bekas Menteri Pertambangan dan Energi di era Orde Baru. Pengelola gedung yang memenangkannya nanti akan diberikan penghargaan langsung oleh Menteri ESDM RI Ignasius Jonan,” ucapnya.

Acara workshop ini juga diisi oleh langkah-langkah menerapkan efisiensi energi pada bangunan gedung oleh PT. Sinar Mas Land Tbk dan juga melakukan manajemen energi pada bangunan gedung yang diisi oleh PT. Graha Niaga Tata Utama.

Sebagai informasi, BEA adalah asosiasi nonprofit yang dibentuk pada 2009 di Jakarta. Organisasi memfasilitasi profesi ahli teknik bangunan gedung agar memiliki sebuah standar kompetensi dalam bidang teknik bangunan. Selain itu, BEA juga menjadi perpanjangan tangan pemerintah untuk mensosialisasikan peraturan yang terkait dengan penyelenggaraan bangunan gedung. Saat ini, BEA memiliki ratusan anggota dari seluruh Indonesia.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar