25 Maret 2018 | Reza - Redaksi | News

Jepang Segera Hadirkan Angkutan Berteknologi AI

Perusahaan teknologi Jepang, SoftBank Group dan All Nippon Airways (ANA) bersama-sama menggagas angkutan swakemudi untuk menggantikan kendaraan kargo dan bus antar-jemput penumpang di Bandara. Rencananya pengoperasian transportasi berteknologi tinggi tersebut bisa terealisasi pada tahun 2020 mendatang.

Berkenaan itu, uji coba sudah dilakukan sejak Februari 2018 di Bandara Haneda, dan akan dilakukan pengujian lanjutan dengan penumpang sungguhan pada Maret 2019. Sistem remote control yang dikembangkan oleh anak perusahaan SoftBank SB Drive memainkan peran kunci. Seistem yang disebut ‘dispatcher’, menggunakan GPS untuk mencatat rute driver, mengenali rintangan, pejalan kaki dan mobil yang bergerak, dengan sensor dan kamera yang diletakkan di bagian depan, belakang dan samping bus.

Kemudian kendaraan ini juga dilengkapi dengan sistem kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent (AI) guna membantu mengidentifikasi keadaan yang tidak biasa, baik di luar maupun di dalam kendaraan. Jika penumpang jatuh, sistem akan melaporkan kejadian tersebut kepada administrator, yang dapat memeriksa situasi secara real time dengan menggunakan monitor. "Kami berusaha memanfaatkan robot dan kecerdasan buatan untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan," ujar Shinya Katanozaka, Presiden ANA Holdings.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar