25 Maret 2018 | Reza - Redaksi | News

Inilah Teknologi Keamanan Penerbangan Honeywell

Industri penerbangan terus berkembangan. Keberadaan transportasi udara sudah makin melekat dan begitu diminati untuk banyak lapisan masyarakat dalam menjangkau lokasi yang memiliki jarak jauh dengan waktu singkat. Kondisi ini mengharuskan keamanan menjadi prioritas bagi para penumpang selama perjalanan udara.

Brian Davis, Vice President Airlines and Aerospace Leader Asia Pacific Honeywell, menyebutkan ada sejumlah teknologi yang kini tengah diimplementasikan pada insutri penerbangan untuk memaksimalkan kenyamanan dan keamanan di pesawat. Apa saja teknologinya?

1. GoDirect Connected Maintenance.

Teknologi ini hadir dalam basis Industrial Internet of Things (IIoT) dan diklaim dapat membantu maskapai penerbangan menghindari kendala teknis yang dialami saat delay dan pembatalan jadwal.

"Teknologi ini memperkenankan kru maintenance dan operator untuk mengumpulkan dan menganalisa data secara real-time dari APU (Auxiliary Power Units) dan komponen mekanis lain. Dengan demikian, teknologi tersebut lebih menjamin keamanan pesawat dan bahkan bisa menghemat waktu dan biaya," ujar Brian.

2. SmartRunway dan SmartLanding System.

Kedua teknologi ini adalah software yang bisa meningkatkan EGWPS (Enhanced Ground Proximity Warning System, standar instrumen untuk semua armada Boeing). Sederhananya, teknologi membantu pilot untuk menampilkan data visual titik penerbangan dan peringatan posisi dalam grafis. Cukup arahkan mata ke layar monitor, pilot akan langsung ditampilkan antarmuka SmartRunway dan SmartLanding.

"Sistem ini akan memperingati dan memberikan saran kepada kru saat dalam kondisi tidak aman selama taxi, take-off, serta landing. Dengan demikian mereka bisa mengurangi tekanan dan guncangan selama runway.Software juga akan memantau saat pilot melakukan touch down. Menariknya, ia juga bisa disesuaikan secara sesuai dengan spesifikasi dan performa tipe pesawat yang dikendalikan," tandasnya.

3. JetWave High-Speed Connectivity dan GoDirect Weather

Teknologi ini adakah solusi konektivitas yang bisa lebih diakses di industri penerbangan. Ia bahkan bisa menyediakan penumpang koneksi internet super cepat dan bisa diandalkan.Adapun GoDirect Weather adalah solusi yang meneydiakan informasi kondisi cuaca terkini kepada awak kabin secara real-time. Uniknya, kondisi cuaca bisa digunakan pilot lewat aplikasi dan akan hadir dengan radar 3D yang interaktif dan sangat detail.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar