11 April 2018 | Reza - Redaksi | News

Dubai Segera Uji Coba Teknologi Plat Kendaraan Pintar

Dubai telah menorehkan namanya sebagai salah satu Kota di dunia yang beberapa tahun belakangan ini sangat mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek. Transportasi menjadi salah satu bidang yang telah diminati secara khusus sebagai sasaran memuaskan ambisi penerapan teknologi tingkat tinggi. Kabar terbaru, Dubai akan menguji coba plat nomor kendaraan pintar (smart license plates) yang nantinya diharapkan sangat membantu pengendara dan aktivitas lalu lintas.

Teknologi ini terdiri tampilan digital nomor kendaraan, yang digabungkan dengan GPS dan pemancar. Salah satu fitur keunguulannya adalah, dapat secara otomatis menghubungi pihak terkait ketika terjadi kecelakaan lalu lintas. Sekaligus juga menginformasikan kondisi lalu lintas ke pengguna jalan lainnya. Otoritas Transportasi dan Jalan Dubai (Dubai Roads and Transport Authority) menjelaskan plat berteknologi tinggi ini juga memiliki kemampian untuk menampilkan dan mengirim peringatan jika mobil atah bahkan plat itu dicuri.

Plat ini juga bisa meminimalisir aksi para pelanggar lalu lintas, karena plat ini juga memfasilitasi pembayaran denda lalu lintas secara otomatis, sekaligus juga plat ini mampu mengurus semua proses pembayaran biaya parkir dan biaya registrasi perpanjangan plat. Uji coba teknologi ini akan dilakukan pada bulan Mei, bertujuan untuk menentukan dan memperbaiki kesulitan teknis yang disebabkan oleh iklim gurun yang panas di Dubai.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar