16 April 2018 | Denny - Redaksi | News

Mudahkan Proses Imigrasi, Bandara Dubai Dilengkapi Terowongan Pintar

Terowongan di Bandara Dubai

Kecanggihan teknologi kecerdasan buatan (AI) sebentar lagi akan digunakan untuk para penumpang di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Wujud teknologi tersebut adalah terowongan pintar yang dapat mempercepat pergerakan penumpang saat melakukan proses imigrasi.

Mayor Jenderal Mohammad Ahmad Al Merri, Direktur Umum Kependudukan dan Urusan Warga Asing di Dubai, menjelaskan terowongan ini akan menjadi sebuah lompatan besar dalam mengontrol paspor para penumpang di Dubai. Paling cepat, terowongan tersebut akan terpasang mulai Mei 2018 nanti.

"Sebelumnya terowongan pintar ini akan melakukan masa percobaan. Terowongan ini menggunakan AI dan merupakan satu-satunya yang ada di dunia," kata Al Merri, seperti yang dikutip dari Gulfnews.

Ditambahkannya lagi, teknologi biometrik yang ada di terowongan ini membuat penumpang dapat melalui proses imigrasi dengan hanya melakukan jalan kaki. Terdapat sistem pengenal mata dan pendeteksi wajah di depan terowongan. Mereka bisa keluar dari terowongan hanya dalam beberapa detik tanpa perlu mendapatkan cap di paspor atau berbicara dengan petugas imigrasi.

"Penumpang bahkan tidak perlu memperlihatkan paspor atau kartu Emirates mereka karena teknologi yang ada di terowongan pintar ini sudah langsung mengenali wajah dan itu bisa selesai hanya dalam waktu 10 detik," pungkas Al Merri.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar