26 Juni 2018 | Denny - Redaksi | News

Pemerintah China Awasi Aktivitas Warga Dengan Drone Burung

Dove drone

Sebuah drone spesial diciptakan oleh Pemerintah China yang digunakan untuk mengawasi aktivitas keseharian masyarakat di lima provinsi berbeda. Dikatakan spesial, drone ini memiliki bentuk yang menyerupai burung sehingga tak menimbulkan kecurigaan orang di bawahnya.

Seperti yang dilansir Mirror, drone bernama Dove tersebut digunakan oleh lebih dari 30 lembaga militer dan pemerintah China dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, ada operator khusus yang mengoperasikan drone tersebut. Sang operator adalah seorang profesor di Northwestern Polytechnical University bernama Song Bifeng.

Dove sendiri didesain tak seperti drone konvensional yang kaku. Dove bisa mengepakkan sepasang sayap sehingga tak menimbulkan kecurigaan warga. Alat untuk menggerakkan sayap adalah sepasang crank-rocker yang dijalankan oleh motor listrik.

Setiap drone burung juga dilengkapi kamera berkualitas HD, antena GPS, sistem kontrol penerbangan canggih, dan sambungan data dengan kemampuan komunikasi satelit. Drone terkoneksi langsung ke sistem komputer instansi pemerintahan.

Menurut tim anggota Song Yang Wenqing, para peneliti percaya bahwa teknologi itu bisa diterapkan secara masif pada masa mendatang. Kinerjanya cukup efektif dan tak terdeteksi oleh sasaran. Sebelum drone tersebut, China menggunakan teknologi pengenal wajah dan kacamata pintar untuk memantau 1,4 miliar warganya. Pemerintah China menerapkan kebijakan tersebut untuk memperketat keamanan negara.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar