Share

Untuk pertama kalinya, Bandara Internasional Orlando di Florida, Amerika Serikat, melakukan sistem pemindaian wajah kepada seluruh penumpang yang tiba dan berangkat menggunakan penerbangan rute internasional. Prosedur ini juga berlaku bagi warga AS yang akan keluar dan datang dari luar negeri.

Aturan tersebut diumumkan akan dilakukan mulai pada Kamis (21/6/2018) lalu. Namun para pendukung privasi di AS cukup terkejut dengan aturan ini. Mereka mengatakan, aturan yang mengatur bagaimana data yang diperoleh dari pemindaian itu akan digunakan, atau apa yang terjadi apabila ada penumpang yang dilarang terbang karena kesalahan identifikasi belum ada hingga hingga saat ini.

Dilaporkan, saat ini sudah ada sembilan bandara di AS yang sudah menggunakan sistem pemindaian wajah bagi penumpang penerbangan internasional tertentu, tapi tidak melakukannya untuk semua penerbangan internasional seperti yang akan dilakukan di bandara Orlando.

Sementara itu Pejabat Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan setempat mengatakan, tujuan pemindaian wajah itu adalah untuk alasan keamanan. "Dengan sistem ini kami memastikan bahwa penumpang pesawat tidak menggunakan dokumen palsu atau tinggal melebihi masa yang ditentukan oleh visa yang mereka peroleh."

Related Articles

CCTV Card image cap
  denny  17 January 2019
 17 January 2019
News Card image cap
  denny  24 April 2018
 24 April 2018
News Card image cap
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.