10 Juli 2018 | Denny - Redaksi | News

Tingkatkan Keamanan, Hotel di California Gunakan Robot Berkamera

Robot Knightscope

Teknologi robotik di sektor perhotelan tak hanya digunakan untuk membantu tamu untuk penyediaan handuk, pasta gigi atau barang lain. Namun isu keamanan yang terus meningkat, seperti kasus penembakan massal yang terjadi belakangan ini, membuat sebuah hotel di Southern California, AS menggunakan beberapa robot yang dilengkapi kamera agar keamanan bisa terus dimonitor.

Penggunaan robot berkamera ini dilakukan bulan lalu oleh The Pechanga Resort Casino. Saat ini ada dua robot yang dioperasikan, satu ditempatkan berdiri pada area parkir valet, sedangkan yang kedua memiliki bentuk roket dan bisa bergerak melakukan patroli di sekitar area lobi. Kedua robot tersebut menjadi 'anggota' baru dari tim keamanan hotel yang berjumlah 300 orang.

Robert Krauss, Wakil Presiden Keamanan Publik Hotel Pechanga, mengatakan penambahan robot keamanan ini dilakukan beberapa bulan sebelum penembakan massal di Las Vegas sedang terjadi. Diharapkan, sistem surveilans terbaru ini dapat mencegah tragedi serupa terulang kembali. "Ini adalah cara baru saya dalam mencegah kriminalitas," tegasnya.

Robot yang dibuat oleh Knightscope, perusahaan yang berbasis di Mountain View, california ini adalah produk yang kerap dipakai di pusat perbelanjaan atau arena olahraga Amerika Serikat. Robot-robot dapat mengirim gambar secara live ke pos keamanan bangunan. Staf keamanan pun dapat mengarahkan pergerakan robot kepada orang atau benda yang dicurigai, atau cukup dengan melakukan zoom dengan kamera berdefinisi tinggi.

Krauss mengatakan dia sudah berencana untuk menambahkan robot lain dengan teknologi inframerah dekat area kolam untuk memonitor tamu yang ingin melompat ke air setelah kolam ditutup. "Saya pikir ini adalah satu langkah kemajuan yang besar," katanya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar