10 Juli 2018 | Andri - Redaksi | News

4 Trik Mencegah Pembobolan di Rumah Pintar

Meninggalkan rumah dalam waktu yang lama untuk liburan tentunya cukup membuat strees. Kita mengkhawatirkan rumah yang ditinggal dalam keadaan kosong dimanfaatkan oleh pencuri untuk mengambil barang-barang berharga di rumah. Tanpa adanya pengawas, tentunya membuat pencuri lebih leluasa membobol rumah.

Untungnya, salah satu hal terbaik dari smarthome atau rumah pintar yang terhubung dengan gadget akan memudahkan pemilik rumah untuk membuat sistem keamanan buatan sendiri untuk mencegah pembobolan rumah oleh pencuri. Jadi tidak perlu khawatir, kita bisa gunakan 4 trik ini sebagai pencegahan pencurian, sehingga liburan bisa lebih menyenangkan.

Atur Siklus Nyala Lampu

Mungkin ini klasik, kita hanya perlu mengatur nyala lampu saat rumah ditinggal atau kosong. Dengan rumah yang penuh lampu pintar, tentunya bisa menjadwalkan lampu menyala secara acak. Jadwal bisa diatur setiap hari agar benar-benar tampak ada seseorang di rumah.

Nyalakan TV atau Streaming Musik Secara Berkala

Di rumah pintar, langkah ini bukanlah hal yang sulit. Bahkan tidak hanya bisa men-setting jadwal menyalakan dan mematikan TV, tetapi bisa juga merubah dan memilih channel TV sesuai yang diinginkan. Setiap harinya jadwal siaran TV harus diubah-ubah agar menimbulkan kesan ada orang di rumah.

Bel Video

Penambahan baru untuk keamanan cerdas adalah bel cerdas, yang lebih dari sekadar bel pintu. Perangkat ini juga dilengkapi kamera video dengan audio dua arah. Dengan bel video cerdas ini, kita bisa mendapatkan pemberitahuan ketika terdeteksi gerakan di depan pintu masuk. Kita dapat berbicara dengan siapa
pun yang mengetuk pintu atau sekedar mengintip rumah, meski kita berada di luar kota ataupun belahan dunia lainnya.

Lalu, kita bisa tanyakan alasan mereka mengetok pintu dan berada di halaman depan rumah melalui bel cerdas ini.

Lampu Sorot yang Diaktifkan oleh Gerakan

Senang rasanya bisa melihat siapa yang mengintip di sekitar pintu depan, tapi bagaimana dengan halaman belakang? Pertimbangkan lampu sorot yang diaktifkan oleh gerakan. Bahkan lebih baik adalah yang memungkinkan kita melihat dan berbicara dengan apa pun yang ada di sana ketika sedang berpergian.

Saat ini sudah ada yang membuat lampu sorot yang diaktifkan-gerak dengan kelengkapan kamera, audio dua arah dan sirine. Ketika gerakan terdeteksi, lampu menyala dan kita dapat melihat dan berbicara dengan siapa pun di setiap sudut rumah. Dan jika berbicara dengan mereka tidak berhasil, bunyikan alarm.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar