10 Juli 2018 | Denny - Redaksi | News

Stasiun di India Akan Menerapkan Sistem Pemindai Wajah

Ilustrasi

Perusahaan operator kereta api nasional India, Indian Railways, memiliki rencana untuk meningkatkan sistem keamanan di seluruh jaringannya. Teknologi sistem keamanan yang memanfaatkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) ini akan membuat salah satu zona operasi mereka, Central Railway, bisa membuat langkah-langkah dalam mengendalikan massa.

Menanggapi rencana ini, Ketua Dewan Perkeretaapian India, Ashwani Lohani, telah memberikan lampu hijau kepada sang operator untuk segera menjalankan proyek percontohan ini. Sementara stasiun yang akan dijadikan ‘kelinci percobaan’ untuk proyek ini adalah Stasiun Thane dan Kalyan yang masuk dalam daerah operasi Central Railway.

Sejauh ini, Central Railway sudah melirik teknologi keamanan untuk ruang publik yang berasal dari Israel. Teknologi tersebut memanfaatkan teknologi CCTV yang berbeda dari biasanya. Sistemnya akan meningkatkan kemampuan untuk mengindentifikasi sebagian dan atau semua orang dengan cara memasukan rincian data wajah ke dalam sistem. Sistem juga mampu menampilkan rincian lain dari para penumpang, contohnya adalah waktu kunjung mereka ke stasiun.

Seorang pejabat Central Railways mengatakan, sistem keamanan terintegrasi yang saat ini berkembang di luaran sana masih belum memiliki sejumlah fitur futuristik tersebut. “Hal ini dikarenakan sistem keamanan terbaik di dunia yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan tengah dikembangkan di Israel, dan kami bekerja sama dengan salah satu perusahaannya,” ungkapnya.

Sedangkan untuk teknologi pengendali massa berbasis kamera CCTV, nantinya bisa menyorot titik-titik kepadatan yang ada di dalam maupun luar rangkaian kereta api. Setelah itu, para petugas kereta akan mendatangi titik kepadatan dan berupaya untuk mengurainya. "Rencananya kami akan mengoperasikan sistem ini sebelum akhir musim hujan nanti," ungkap SK Jain, Manajer Kereta Api Divisional (Mumbai) di Central Railway.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar