17 Juli 2018 | Andri - Redaksi | News

OmniVision Tingkatkan Resolusi Sensor Otentikasi Wajah

Pengembang teknologi digital imaging ternama, OmniVision Technologies, mengumumkan peluncuran sensor shutter image terbarunya OV9286. Perusahaan asal Taiwan ini menargetkan produknya untuk otentifikasi wajah di perangkat selular dan aplikasi machine vision lainnya seperti AR/VR, drone dan robotic.

Dalam menghadirkan produk terbarunya, OmniVision menghadirkan resolusi piksel yang jauh lebih tinggi dari sensor generasi sebelumnya, yakni sebesar 20% yang memungkinkan tingkat akurasi baru dalam otentikasi wajah untuk aplikasi ponsel yang membutuhkan tingkat keamanan tertinggi. Sensor OV9286 dioptimalkan untuk otentikasi wajah dengan solusi cahaya terstruktur untuk gambar 3D berkualitas tinggi.

Senior Marketing Manager OmniVision, Arun Jayaseelan, menyebutkan, sekarang ini konsumen semakin sering menggunakan ponsel cerdasnya untuk transaksi mobile banking dan menginginkan transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan cepat dan aman tanpa harus mengingat password.

"Otentikasi wajah dengan pemetaan 3D dapat memberikan pengalaman yang lebih baik daripada otentikasi sidik jari. Kini, otentikasi wajah penggunaannya tidak hanya sekedar untuk membuka perangkat tetapi mengalami peningkatan untuk otorisasi pembayaran melalui ponsel tanpa perlu memasukkan kata sandi," ujar Arun.

Tingkat akurasi penginderaan gambar yang lebih tinggi diperlukan untuk mengautentikasi ponsel pintar dengan aman untuk aplikasi pembayaran, dibandingkan dengan menggunakan otentikasi wajah untuk membuka kunci perangkat. Menurut Arun, peningkatan resolusi image sensor OV9286 memenuhi persyaratan ini, di samping itu penggunaan teknologi global shutter untuk mengoptimalkan konsumsi daya dapat menghilangkan artefak gerakan dan gambar buram.

OV9286 juga dapat digunakan untuk aplikasi otentikasi biometrik lainnya. Misalnya, dapat digunakan untuk menggabungkan otentikasi wajah dengan fingerprint ID untuk keamanan yang lebih tinggi. Selain itu, sangat cocok untuk aplikasi computer vision seperti kontrol gerakan, SLAM dan pemetaan 3D.

Saat ini sensor tersedia dalam dua versi, yakni OV9286 untuk aplikasi smartphone, dan OV9285 untuk aplikasi machine vision lainnya yang membutuhkan sensor resolusi tinggi untuk berbagai fungsi penginderaan gambar.

Baik OV9285 dan OV9286 menggabungkan resolusi 1328x1120 pada 90 fps, dengan format optik 1/3,5 inci dan 3x3 mikrometer teknologi OmniPixel 3-GS. Sensor global shutter ini, dikombinasikan dengan sensitivitas NIR pada 850 nm dan 940 nm, dapat mengurangi konsumsi daya perangkat sehingga memperpanjang masa pakai baterai.

 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar