24 Juli 2018 | Denny - Redaksi | News

Bandara Heathrow London Ujicoba Pemindai X-Ray 3 Dimensi

Ilustrasi

Manajemen Bandar Udara Heathrow di London, Inggris, akan menguji coba pengoperasian alat pemindai X-ray terbaru berteknologi 3 dimensi untuk pemeriksaan bagasi penumpang. Dengan pemindai X-ray 3D ini, petugas keamanan bandara dapat melihat secara jelas setiap benda di dalam koper penumpang dari tiap sudut.

Departemen Transportasi Kerajaan Inggris menjelaskan, teknologi yang terdapat di pemindai bagasi 3D tersebut juga mampu mendeteksi bahan-bahan peledak berbahaya yang tersembunyi.

"Jika uji coba ini berhasil diterapkan di Bandara Heathrow, maka selanjutnya penumpang tak perlu memindahkan barang yang ada di tas bawaan mereka ketika dilakukan pemeriksaan," ujar salah seorang sumber dari departemen tersebut.

Seperti diketahui, saat ini penumpang pesawat harus memindahkan segala jenis laptop dan benda-benda yang bersifat cair seperti air, sampo dan sikat gigi dari tas bawaan mereka yang dibawa ke kabin pesawat, sebelum melewati proses pemindaian keamanan.

Sebelumnya, pemindai berteknologi serupa telah diujicoba pada bandara John F. Kennedy di New York, AS dan Schiphol di Amsterdam, Belanda. Kebijakan pelarangan membawa cairan di dalam pesawat bagi para penumpang di seluruh dunia sudah diterapkan pada pada Agustus 2006, menyusul penemuan dugaan rencana teror yang ditujukan pada maskapai yang terbang di antara Inggris dan Amerika Serikat.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar