24 Juli 2018 | Denny - Redaksi | News

Jamaah Haji Medan Mulai Jalani Pendataan Biometrik

Pendataan biometrik jamaah calon haji

Jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) kedua asal Kabupaten Asahan, Sumatera utara, sudah menjalani serangkaian proses pemeriksaan dan pendataan berteknologi biometrik di Asrama Haji Embarkasi Medan, Selasa (24/7/2018).

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Medan, Darmansah, mengatakan, sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci, jamaah calon haji akan menjalani tiga proses terlebih dahulu, seperti pendataan sistem komputerisasi haji terpadu (siskohat), biometrik, dan pemeriksaan kesehatan.

Pemeriksaan biometrik merupakan perekaman identitas diri yang mencatat ciri fisik pribadi para jamaah, seperti foto wajah, sidik jari, pola garis tangan, dan pupil mata jamaah dipindah dengan perangkat elektronik. “Kemudian hasilnya disimpan dalam file elektronik yang memuat identitas resmi seperti nama, alamat, nomor kloter, serta asal embarkasinya,” ujar Darmansah.

Ia menjelaskan lebih lanjut, proses tersebut membutuhkan waktu sekitar 5 menit. Selama ini proses pemeriksaan tersebut hanya dilakukan di bandara tujuan di Arab Saudi, dan baru tahun ini diberlakukan di Asrama Haji Embarkasi Medan. “Tujuannya untuk memudahkan jamaah ketika sampai di sana (Makkah) sudah tidak perlu melakukan proses pemeriksaan biometrik lagi,” pungkasnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar