09 Agustus 2018 | Denny - Redaksi | News

Damkar Bekasi Imbau Pemilik Gedung Lengkapi Alat Proteksi Kebakaran

Alat pendeteksi asap

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bekasi mengimbau kepada pemilik gedung untuk memproteksi maksimal pencegah terjadinya kebakaran. Hal ini disampaikan karena saat ini Kota Bekasi sudah semakin menjamur gedung bertingkat seperti hotel, pusat perbelanjaan, apartemen dan perkantoran.

“Saya mengimbau kepada semua perusahan yang mengelola gedung–gedung bertingkat, idealnya memiliki perangkat proteksi kebakaran baik di dalam maupun di luar gedung,” kata Kepala Dinas Damkar Kota Bekasi, Drs. Aceng Solahudin. Selain itu pihaknya juga menekankan penerapan jalur evakuasi gedung bertingkat harus dirancang sejak awal perencanaan gedung dengan perhitungan seksama.

Adapun pengamanan di dalam gedung tingkat tinggi yang perlu disiapkan antaralain Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Fire Alarm/Detection System, Sprinkler & Hydrant System, Fire Suppression System, Document Protection, dan Voice Alarm Public Address (VAPA) System. Sementara untuk di luar gedung yakni Outdoor Hydrant Box, Hydrant Pillar, Seamese Connection, Outdoor VAPA, Hydrant Hose, dan Nozzle.

“Dari pengamatan kami, saat ini di Kota Bekasi terdiri dari 12 kecamatan sudah mulai menjamurnya pembangunan gedung bertingkat. Maka poteksi kebakaran di gedung bertingkat harus ditingkatkan oleh manajemen gedung. Salah satunya gedung harus rutin mengecek alat poteksi kebakaran,” paparnya.

Menurut Aceng, kesiapan perangkat untuk memproteksi kebakaran bukanlah satu-satunya perhatian, namun yang terpenting adalah kesiapan para penghuni atau pengguna gedung dalam mencegah kebakaran. Untuk itu diperlukan rencana simulasi kebakaran secara rutin dan memastikan jalur evakuasi bersih dari rintangan apapun.

"Kami pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi terus melakukan pengawasan kelengkapan dan efektivitas sistem proteksi kebakaran gedung bertingkat. Jika semua elemen saling berkesinambungan, maka resiko kebakaran juga dapat ditekan seminim mungkin,” pungkasnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar