23 Agustus 2018 | Andri - Redaksi | News

Drone Otonom Awasi Penangkapan Ikan Ilegal di Afrika

ATLAN Space, pengembang teknologi artificial Intelligence (AI) untuk drone meluncurkan pilot drone otonom untuk mengawasi penangkapan ikan ilegal di kepulauan Seychelles, Afrika. Peluncuran ini menandakan perburuan drone tidak lagi hanya di darat, tetapi sudah menjangkau perairan Afrika.

Dalam menjalankan tugasnya, drone akan menggunakan visi komputer untuk mengidentifikasi, baik sifat kapal di perairan terlindungi maupun dalam otorisasinya. Apabila drone mendeteksi perahu nelayan ilegal, drone akan mencatat lokasi kapal, nomor kapal dan kru yang terlihat, lalu meneruskan informasi kepada para petugas.

Dalam keterangannya, penggunaan pilot akan dimulai pada bulan Desember. Teknologinya tidak akan terbatas pada sistem drone tertentu, bisa menggunakan drone bertenaga gas dan fixed-wing untuk memantau laut dalam waktu yang lama, atau quadcopter listrik konvensional.

Meskipun belum ada kepastian bahwa uji coba akan mengarah pada penggunaan drone biasa, tampaknya negara-negara Afrika mungkin memiliki anggaran yang kuat untuk menggunakannya. Sebagian besar pemantauan cenderung bergantung pada pesawat terbang yang mahal untuk dijalankan dan memiliki jam terbatas. Drone otonom tidak hanya terjangkau, tetapi dapat berjalan sepanjang waktu selama mereka memiliki power. 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar