Ford Gunakan Drone untuk Inspeksi Pabrik

Ford mulai beralih ke drone untuk melakukan inspeksi pada pabriknya di Dagenham, Inggris. Penggunaan drone sebagai solusi untuk menggantikan pekerjaan beresiko yang biasanya dihadapi oleh karyawannya.

Menurut Manajer Permesinan di Ford Dagenham Engine Plant, Pat Manning, pabrik merupakan tempat yang berbahaya bagi pekerja, terutama bagi karyawan yang ditugasi untuk memeriksa berbagai catwalk, gantry, serta pipework dan lampu yang tersebar di seluruh pabrik otomotif.

"Kami dulu harus naik ke ketinggian hingga 50 meter untuk melakukan pemeriksaan yang diperlukan di atap dan area permesinan. Sekarang kami dapat menutup seluruh pabrik dalam satu hari dan tanpa risiko anggota tim harus bekerja di ketinggian yang berbahaya," kata Pat.

Pekerja yang dilatih secara khusus sedang ditugaskan di seluruh pabrik dengan drone oranye terang berkamera GoPro. Pekerjaan inspeksi pun kini dapat dilakukan secara detail dalam hitungan menit tanpa harus mempertaruhkan nyawa.

Teknologi drone sebagai solusi membuat pekerjaan inspeksi menjadi lebih baik, lebih efisisen dan mengurangi risiko. Rencananya, Ford akan memperluas penggunaan drone ke fasilitas lainnya di seluruh dunia.

Leave a Comment


Send Comment