05 September 2018 | Andri - Redaksi | News

IFA 2018 Diramaikan Smart Home yang Mendukung Perintah Suara

Pameran teknologi IFA 2018 yang berlangsung di Berlin sejak 31 Agustus -5 September 2018 ini didominasi oleh produk-produk smart home yang mengintegrasikan voice kontrol atau perintah suara dari Google Assistant dan Alexa.

Terlihat brand-brand ternama seperti Huawei, Harman Kardon, Marshall, B&O dan lainnya mencoba menjadi bagian dari Google Home dan Amazon Echo pie agar perangkatnya bisa dikontrol dengan suara.

Berbagai aksesori pintar kecil seperti bola lampu, steker atau termostat yang dapat dikontrol oleh aplikasi ataupun perintah suara juga turut meramaikan pameran ini. Bahkan diprediksi, tahun depan perangkat tersebut akan semakin populer bila dilihat dengan meningkatnya penjualan speaker pintar.

Electrolux perusahaan global perangkat rumah tangga juga terlihat memamerkan smart oven yang terintegrasi Google Voice. Tidak ketinggalan perusahan raksasa Samsung dan LG juga turut memamerkan solusi smart home. Terlihat keduanya lebih memfokuskan pada infrastruktur pintar untuk menghubungkan peralatan rumah tangga dengan lancar dan dapat dikontrol dengan mudah.

Ada juga robot vacuum cleaner Anker Eufy RoboVac 30C yang dapat bersih-bersih rumah. Robot ini sudah tertanam Alexa dan dapat mendukung Google Assistant. Lalu, bel pintu Ding-dong yang dapat diperintah suara untuk menunjukkan siapa tamu yang datang. Bel ini terhubung pada TV pintar dan sistem kamera keamanan sehingga bisa memperlihatkan tamu yang ada di pintu depan.

Berbagai perangkat teknologi yang terintegrasi voice control tampaknya akan mulai banyak digunakan di tahun 2019. Para produsen teknologi terlihat mulai berlomba menghadirkan produk-produk yang dapat diperintah suara. Tidak hanya dapat diperintah suara, pemilik rumah juga dapat menyesuaikan pengaturannya dari mana saja menggunakan aplikasi.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar