14 September 2018 | Denny - Redaksi | News

Pantau Kehadiran Guru, Sekolah di Bandar Lampung Gunakan Finger Scan

Ilustrasi

Sebagian besar sekolah di Kota Bandar Lampung akan menerapkan sistem presensi guru menggunakan mesin finger scan. Nantinya data kehadiran guru tersebut terhubung ke Data Pokok Pendidik (Dapodik) Kemendikbud. Sekolah yang akan menerapkan sistem presensi ini akan menghadirkan perangkat sekaligus sosialisasi penggunaannya.

"Dalam waktu dekat, sekolah mengisi kehadiran guru sudah menggunakan mesin sidik jari saat ini sedang dilakukan sosialisasi. Mengenai mesinnya silahkan sekolah mencarinya masing-masing,” ungkap Wakil Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Bandar Lampung, Irwan Qalbi.

Dia menjelaskan, dalam mengendali dan mengontrol mesin finger scan akan dilakukan masing-masing operator sekolah. “Nanti yang akan mengontrol dan sebagainya terkait pengisian kehadiran dilakukan operator sekolah,” ujar Irwan yang juga Kepala SMPN 23 Bandar Lampung itu.

Sementara itu pelaksana harian kepala SMPN 1 Bandar Lampung, Abdul Khanif mengatakan pihaknya dalam pengadaan mesin finger scan dibeli melalui salah satu situs online yang berada di Jakarta. Untuk mengadakan mesin tersebut pihaknya mengeluarkan dana sekitar Rp2 juta. “Kalau kami beli mesin finger scan melalui online. Kami sedang menunggu kedatangan mesin itu untuk dipasangkan di sekolah,” ujarnya.

Ketua MKKS SMP Bandar Lampung yang juga Kepala SMPN 25 Bandar Lampung, M Badrun, menerangkan manfaat mesin finger scan adalah untuk meningkatkan kinerja para guru dan mutu pendidikan di sekolah itu sendiri. “Melalui mesin finger scan itu nantinya, selain untuk kepentingan data Dapodik di pusat, juga mampu meningkatkan mutu pendidikan karena guru akan disiplin hadir ke sekolah untuk bekerja,” pungkasnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar