17 September 2018 | Denny - Redaksi | News

Dukung Uji Coba E-Tilang, Dishub DKI Minta Syarat Ke Polisi

Ilustrasi

Database kendaraan menjadi syarat yang diminta Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta kepada Ditlantas Polda Metro Jaya, berhubung akan dilakukannya uji coba tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Kepala Dishub DKI Jakarta, Andri Yansyah, mengatakan database tersebut digunakan untuk pelaksanaan jalan berbayar yang akan menjadi salah satu kategori penilangan. Selain itu, pihaknya paham bahwa penegakkan ETLE akan menjadi kewenangan penuh pihak kepolisian.

"Aset CCTV kami tidak masalah kalau mau dipakai untuk ETLE. Namun kami harap polisi juga memberikan database kendaraan ke kami. Sebab, salah satu kendala pelaksanaan jalan berbayar adalah database kendaraan," ujar Andri Yansyah, Minggu (16/9/2017).

Sementara ini, Dishub DKI baru memasang 14 CCTV dengan pengeras suara. Lalu dari sekitar 300 titik persimpangan, ada 78 titik yang terkoneksi dengan NTMC milik Polda Metro Jaya. "Kami harap dengan adanya CCTV suara saat ini, polisi bisa segera memanfaatkannya untuk ETLE. Karena biar bagaimanapun harus ada efek jera," ungkapnya.

Sebelumnya Ditlantas Polda Metro Jaya akan menyiapkan empat CCTV canggih untuk pelaksanaan uji coba ETLE pada Oktober mendatang. Kamera tersebut memiliki resolusi yang sangat tinggi sehingga dapat menangkap gambar pelat nomor kendaraan secara detail.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf, mengatakan pada tahap awal akan dipasang sebanyak empat unit yang ditempatkan di kawasan Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin. “Sejauh ini kami sudah melakukan uji coba kamera tersebut, karena sudah ada yang terpasang dibeberapa lokasi, seperti beberapa hotel,” paparnya.

Yusuf menambahkan, kamera tersebut nantinya akan mendeteksi pelanggaran yang dilakukan oleh pelanggar. Kamera akan secara otomatis mencari pelaku pelanggaran. Mulai dari pelanggaran marka, menerobos lampu merah, tidak menggunakan sabuk keselamatan, hingga menggunakan ponsel saat mengemudi.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar