20 September 2018 | Denny - Redaksi | News

Google Home Mini, Speaker Paling Laku Hingga Pertengahan 2018

Google Home Mini

Pasar speaker pintar dunia memunculkan perangkat Google Home Mini yang mencapai angka penjualan nomor satu hingga kuartal kedua 2018. Selain itu, Amazon mencatat penjualan perangkat paling banyak untuk semua variannya.

Menurut riset yang dirilis oleh Strategy Analytics, Google Home Mini yang dibanderol US$50 terjual sebanyak 2,3 juta unit, dan meraih 20% pangsa pasar speaker pintar di antara April hingga Juni. Sedangkan rival terdekatnya yaitu Amazon Echo Dot, menempel di belakangnya dengan angka 2,2 juta unit.

Meski begitu, Amazon tetaplah yang memegang angka penjualan terbanyak di seluruh dunia untuk seluruh perangkat mereka. Speaker pintar andalan mereka yaitu Amazon Echo terjual 1,4 juta unit dan meraih pangsa pasar 12%, diikuti oleh Tmall Genie besutan Alibaba dan Google Home yang sama-sama meraih 7%.

Sedangkan speaker andalan Apple, HomePod, tak meraih lima besar karena hanya meraih pangsa pasar 6%. Uniknya, angka tersebut menjadikan Apple meraih total pendapatan terbanyak, pasalnya perangkat mereka dibanderol cukup mahal yakni sebesar US$349.

"Saat ini pasar speaker pintar telah diisi oleh merek yang cukup beragam dan menunjukkan pertumbuhan yang signifikan selama kurun waktu satu tahun belakangan. Merek-merek besar seperti Samsung dan Bose sedang dalam proses merilis produk mereka ke pasaran. Hal ini tentu menambah pilihan bagi konsumen," ucap VP Strategy Analytics, David Mercer.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar