20 September 2018 | Andri - Redaksi | News

Bandara Hong Kong Pasang Biometrik Pengenalan Wajah

Bandara Internasional Hong Kong telah memasang teknologi face recognition atau pengenalan wajah untuk mempercepat penumpang melewati pos pemeriksaan keamanan dan imigrasi.

General Manager Airport Authority Hong Kong, Chris Au Yung, mengatakan penggunaan teknologi biometrik ini akan mampu mengenali calon penumpang sebelum memasuki area terbatas di bandara. Semua kegiatan pemeriksaan keamanan, imigrasi hingga gerbang keberangkatan akan menggunakan teknologi ini. Sehingga para penumpang hanya cukup menunjukkan wajahnya sebagai pengenal identitas.

Lalu, pada proses pengenalan wajah akan ada nomor token yang diberikan kepada setiap penumpang, yang akan berguna untuk pemeriksaan identitas menggunakan wajah terkait paspor dan boarding pass yang valid.

“Kami tidak ingin ketinggalan dan akan mengikuti tren yang berkembang di bandara seluruh dunia dalam meningkatkan keamanan dan kenyaman. Ini merupakan permulaan untuk penggunaan teknologi biometrik secara menyeluruh,” kata Chris.

Saat ini baru 4 gerbang otomatis yang terpasang teknologi pengenalan wajah. Di tahun depan, akan ada 44 gerbang yang terpasang teknologi canggih ini. Sedangkan waktu yang dibutuhkan dalam proses pemeriksaan, dibutuhkan sekitar 20 detik melewati pengenalan wajah. Waktu ini sedkit lebih lama dari standar yang ada saat di bandara internasional lainnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar