23 September 2018 | Andri - Redaksi | News

ITB Kembangan Robot Pengintai Berbentuk Kecoa

Robot berbentuk binatang biasanya dibuat sebagai mainan anak, namun tidak demikian yang dikembangkan oleh peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB). Kampus yang berlokasi di Jawa Barat ini mulai mengembangkan robot berbentuk kecoa untuk operasi kegiatan intelijen berupa penyadapan dan pengintaian seperti halnya di film-film.

Dalam mengemban tugas keintelijenan, robot kecoa ini sudah tertanam perangkat nano controller, single bot computer (computer mini), wifi, bluetooth dan dilengkapi dengan input-output, pengembangan lain, yaitu pada motor, sensor, kamera 5 megapiksel yang bisa autofocus, dan mikrofon untuk penyadapan suara.

Salah satu peneliti Muhammad Hablul Barri menyebutkan, bahwa pengembangan robot tersebut didasarkan pada belum adanya teknologi robot berbentuk serangga untuk operasi intelijen dan ini dipenting dibuat karena intelijen negara ini tidak boleh menggunakan teknologi luar negeri sebab menyangkut kerahasiaan informasi dan untuk menjaga integritas lembaga dan kekuatan intelijen negara.

"Dengan mengembangkan teknologi robot serangga yang membawa sistem pemantauan, maka peralatan intelijen nasional dapat mandiri dan mempunyai dampak yang besar pada intelijen," kata Barri, yang saat ini berstatus mahasiswa S2 Instrumentasi dan Kontrol ITB.

Robot kecoa yang mempunyai dua motor penggerak ini pun secara fungsi sudah dilakukan ujicoba, namun oleh para peneliti masih dirasakan terlalu besar untuk ukuran kecoa. Penelitian yang dilakukan di Laboratorium Instrumentasi dan Metrologi Fakultas Teknologi Industri, selanjutnya akan memperkecil ukuran robot agar terlihat lebih nyata dalam melakukan pengintaian.

Para peneliti mengharapkan robot kecoa untuk operasi intelijen senyap mampu mengumpulkan data-data serta informasi yang dibutuhkan dengan lebih mudah dan tepat. Selaras dengan tujuan ini, maka KK Instrumentasi dan Kontrol bekerjasama dengan KK Fisiologi Perkembangan Hewan dan Sains Biomedia turut andil dalam melaksanakan kegiatan ini.

 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar