23 September 2018 | Denny - Redaksi | News

Polres Tanah Datar Sumbar Terapkan Sistem Monitoring Berbasis TI

ilustrasi

Untuk mengantisipasi tindak kejahatan sekaligus meningkatkan layanan kepolisian kepada masyarakat, Polres Tanah Datar, Sumatera Barat, menerapkan sistem keamanan berbasis teknologi informasi (TI). Sistem tersebut dinamakan Central Society And Security Monitoring (CSSMS).

Kapolres Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Prajas, mengatakan sebagai proyek percontohan pertama, sistem CSSMS ini akan diterapkan di Polsek Lima Kaum. Sedangkan sebagai pembina sistem CSSMS ditunjuklah Kapolsek Lima Kaum, Iptu M. Zen, dan dibantu tim IT Polres Tanah Datar.

“Tim IT ini akan di bawah pimpinan Kapolsek Lima Kaum akan selalu mengkaji dan membuat inovasi-inovasi lainnya, termasuk pemantapan program CSSMS ini, dimana dalam wilayah polsek itu akan ditanam 16 titik CCTV yang bisa diakses kapan saja untuk menekan angka kejahatan,” kata Bayuaji, belum lama ini.

Dia juga menjelaskan, penerapan program monitoring berbasis TI ini kebijakan Kepolisian Republik Indonesia yang terus melakukan upaya-upaya untuk mencapai sasaran implementasi reformasi birokrasi demi mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel, efektif dan efisien, serta pelayanan publik yang berkualitas dan juga untuk menjawab kemajuan zaman khususnya di bidang teknologi informasi.

“Untuk sistem ini, inovasi di bidang Teknologi Informasi yang telah diterapkan, semua aplikasi dan perangkat terintegrasi di kontrol ruangan command center Polres Tanah Datar dan Polsek sejajaran yang disebut dengan CSSMS (Central Society and Security Monitoring System),” tuturnya.

Di wilayah hukum Polsek Lima Kaum sendiri, Bayuaji mengungkap bahwa saat ini seluruh daerah rawan kejahatan, pintu masuk wilayah dan titik-titik keramaian sudah dipantau dengan CCTV. Hal ini tentunya membantu kinerja polisi dalam mengungkap pelaku kejahatan dan juga menekan angka kriminalitas.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar