24 September 2018 | Denny - Redaksi | News

Polisi Australia Pakai Drone AI Untuk Tangkal Terorisme

Ilustrasi

Penggunaan Unmanned Aerial Vehiche (UAV) atau yang dikenal dengan drone diyakini akan lebih berperan dalam strategi anti terorisme. Apalagi jika drone tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) sehingga mampu memantau banyak orang di kerumunan dan melaporkan sebuah perilaku tidak biasa.

Hal tersebut menjadi alasan Kepolisian Victoria, Australia saat berencana menggunakan drone sebagai strategi mereka dalam menangkal aksi terorisme. Menurut hemat mereka, drone yang dapat mendeteksi perilaku tidak biasa di kerumunan akan melaporkan temuan kepada petugas, yang kemudian dapat menyelidiki potensi ancaman.

Seperti yang dirilis ABC Radio Melbourne, Asisten Komisaris Kepolisian Victoria, Ross Guenther, mengatakan tujuan drone bukan untuk menciptakan "status pengawasan", tetapi untuk membantu polisi mencegah serangan yang terjadi.

"Misalnya Anda pergi ke Myer Music Bowl, misalnya, dan Anda membawa ransel, lalu Anda menurunkan ransel tetapi kemudian Anda kembali ke gerbang dan meninggalkan tempat, itu akan menjadi perilaku yang tidak biasa. Jika kami memiliki drone dengan fungsi semacam itu, maka dia akan mengirim informasi itu kembali ke pos komando polisi.

Guenther menegaskan, tujuan pemantauan menggunakan drone di keramaian publik adalah untuk melindungi masyarakat. "Jadi bukan berarti kami menggunakan teknologi itu 24 jam sehari di semua tempat berkumpul, misalnya," ucapnya.

Rencana penggunaan drone untuk menangkal terorisme ini didasari oleh perilaku para ekstremis yang tersu berubah. Pihak berwenang menurutnya harus bersiap dengan berbagai metodologi baru yang dilakukan para teroris yang belum pernah ada sebelumnya.

"Kemampuan pintar yang dapat dibeli untuk drone, termasuk fitur biometrik dalam kamera yang bisa mencari pola perilaku menjadi poin penting. Hal fitur biometrik ini sudah digunakan dalam teknologi pengamanan bandara di seluruh dunia," paparnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar