10 Oktober 2018 | Andri - Redaksi | News

Bosch Berikan Keamanan Pembangkit Listrik di Brasil

Perusahaan infrastruktur Brasil, Companhia Energética de Pernambuco (CELPE) yang merupakan pemasok utama listrik di negara bagian Northeastern, Pernambuco, menghadapi masalah vandalisme dan pencurian kabel listrik pada beberapa stasiun dan pembangkit listriknya.

Disebutkan, ada 240 gardu yang tersebar di seluruh Pernambuco. Di mana sebagian lokasi stasiun tersebut di daerah terpencil yang rawan akan terjadinya pencurian dan pengrusakan pada aset vitalnya. Untuk itu, CELPE mulai membutuhkan solusi keamanan yang terintegrasi, yang memfokuskan pada tiga tujuan utama.

Pertama, mencegah penjahat dan beri tahu polisi tentang pelanggaran keamanan. Kedua, menyediakan kontrol akses tanpa batas untuk 300 tim pemeliharaan di lapangan. Dan ketiga, menghubungkan alarm kebakaran, communications, dan evakuasi suara pada sistem terintegrasi yang memungkinkan manajemen jarak jauh dari markas CELPE.

Untuk mewujudkan ketiga keinginannya tersebut, CELPE pun menunjuk Bosch untuk mengatasi kendala yang dihadapinya. Bukan tanpa alasan, penunjukkan Bosch ini karena dianggap mampu menghadirkan apa yang diinginkan CELPE. Lalu, penyedia solusi satu atap ini akan melengkapi 16 gardu dengan sistem keamanan video, kontrol akses, communications, alarm kebakaran dan evakuasi suara serta alarm intrusi yang terhubung pada Building Integration System (BIS).

Untuk keamanan video, Bosch memasang kamera IP AUTODOME HD 7000 starligth, yang terintegrasi melalui Bosch Video Management System (BVMS). Alarm kebakaran menggunakan detektor asap dan panas, sedangkan untuk alarm suara dan evakuasi dilengkapi Amplifier Mixer Plena yang terhubung ke driver pengeras suara.

Semua sistem dan kamera dimonitor oleh personel keamanan di pusat kendali perusahaan di Recife. Sebagai keamanan tambahan, kamera yang dipilih memiliki fitur analitik video built-in agar secara otomatis dapat menonaktifkan alarm penyusup dan selalu waspada. Sistem ini juga memenuhi persyaratan utama pelanggan untuk manajemen jarak jauh melalui sistem manajemen BIS, termasuk administrasi kredensial pengguna dan hak akses untuk 300 tim pemeliharaan yang melayani berbagai situs gardu.

Berhasil dipasang di 16 stasiun di Pernambuco, solusi Bosch telah terbukti menjadi aset bagi CELPE dan personelnya. Selain menjaga infrastruktur yang berharga dari para penjahat, sistem ini juga menyederhanakan komunikasi di antara tim layanan di kawasan dengan memasukkan unsur-unsur seperti konferensi dan peringatan otomatis untuk kebakaran dan gangguan melalui sistem messenger. Manajemen jarak jauh hak akses pengguna di gardu induk telah meningkatkan tingkat layanan secara keseluruhan dan mencegah pelanggaran keamanan. Puas dengan solusi end-to-end, CELPE kini telah menugaskan Bosch untuk melengkapi sekitar 240 gardu listrik selama beberapa tahun ke depan.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar