11 Oktober 2018 | Andri - Redaksi | News

Singapura Kembangkan Pendeteksi Tenggelam

Menggunakan teknologi untuk mencegah seseorang tenggelam di kolam renang dan mengirim bantuan kepada para lansia dalam keadaan darurat akan menjadi bagian dari proyek terbaru yang diujicobakan oleh program Singapore's Smart Nation.

Pihak kementerian terkait, Vivian Balakrishnan, menyebutkan ada lima pembaruan dalam proyek strategis nasional yang mendukung inisiatif Smart Nation yang salah satunya adalah mengembangkan perangkat pendeteksi orang tenggelam.

Saat ini, di bawah Smart Nation Sensor Platform sedang dilakukan ujicoba oleh Sport Singapore terhadap penggunaan computer vision untuk membantu mendeteksi orang yang tenggelam di kolam renang.

Sport Singapore mengatakan, ujicoba ini sudah dimulai Desember tahun lalu dengan menenggelamkan sistem deteksi di Hougang Swimming Complex. Rencananya teknologi ini juga akan digunakan untuk pengawasan berkelanjutan untuk membantu penjaga pantai.

Pengembangan lainnya yang dilakukan adalah tombol peringatan pribadi yang ditargetkan pada orang tuan. Balakrishna, selaku Menteri Luar Negeri, mengatakan tombol siaga dimaksudkan untuk membekali lansia dengan alat yang ringan, hemat biaya dan mudah diterapkan untuk meminta bantuan ketika diperlukan, seperti ketika mereka jatuh.

Selain itu, Menteri juga berbicara panjang lebar tentang perkembangan yang akan datang untuk sistem Identitas Digital Nasional Singapura (NDI), termasuk peluncuran SingPass Mobile akhir bulan ini.

SingPass Mobile, katanya, akan membawa lapisan keamanan lain karena pengguna akan dapat menggunakan otentikasi biometrik pada ponsel, seperti pengenalan wajah atau sidik jari untuk masuk ke layanan Pemerintah melalui layanan SingPass.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar