17 Oktober 2018 | Denny - Redaksi | News

Proses Check In di Bandara Shanghai Pakai Pengenalan Wajah

Ilustrasi

Otoritas Bandara Hongqiao di Kota Shanghai, China, memberlakukan proses check-in dengan sistem face recognition atau pengenalan wajah untuk seluruh calon penumpang. Penerapan teknologi berbasis kecerdasan artifisal (AI) ini mendapat pujian namun juga mengundang kecaman.

Proses check-in di Bandara Hongqiao Shanghai ini menurut sejumlah pihak dikhawatirkan berdampak terhadap privasi setiap individu. Meski begitu, Badan Pengawasan Penerbangan China bersikeras bahwa teknologi ini juga akan diterapkan pada bandara-bandara di Beijing dan Nanyang, di Provinsi Henan, China Tengah.

Para pengguna layanan penerbangan di bandara-bandara itu kini tidak hanya dapat mendaftarkan status penerbangan mereka di kios-kios secara otomatis, namun juga bisa mendaftarkan barang-barang bawaan mereka yang akan dimasukkan ke bagasi, untuk kemudian menjalani pemeriksaan keamanan melalui perangkat pengenal wajah.

Menurut info pejabat setempat, penggunaan teknologi pengenalan wajah merupakan bagian dari ambisi negeri tirai bambu untuk menjadi pemimpin dunia dalam hal keamanan dan pelayanan penumpang di industri penerbangan.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar